BERITABETA.COM - Timnas Indonesia akhirnya lolos ke putaran semifinal Piala AFF 2020 dan berhasil tampil sebagai juara Grup B setelah mencukur habis Haraimau Malaya dengan skor 4 : 1 dalam duel matchday terakhir Grup B, yang berlangsung di stadion National Stadium, Singapura Minggu (19/12/2021).

Kemenangan besar ini mengukuhkan posisi skuad Garuda sebagai juara grup. Di partai lain, Vietnam menggulung Kamboja 4-0. Jumlah poin Indonesia dan Vietnam sama, selisih gol juga sama. Meski begitu, Indonesia berhak jadi juara grup karena lebih banyak mencetak gol dan bakal bertemu Singapura di semifinal Piala AFF 2020 yang berlangsung dalam dua leg pada 22 dan 25 Desember 2021.

Keberhasilan Indonesia jadi juara grup ini cukup mengejutkan. Pasalnya, Vietnam dikenal sebagai tim terkuat di ASEAN saat ini. Dengan keberhasilan Indonesia jadi juara grup, Vietnam bakal baku hantam dengan Thailand yang menjanjikan duel sengit.

Timnas Indonesia finis sebagai juara Grup B Piala AFF 2020 setelah mengoleksi 10 angka dari empat pertandingan. Koleksi poin yang sama juga ditempati Vietnam di posisi dua.

Tak hanya jumlah poin, selisih gol Timnas Indonesia dan Vietnam juga sama, yakni +9. Hanya saja, karena mencetak gol lebih banyak, Timnas Indonesia berada di posisi yang lebih baik. Timnas Indonesia tercatat mencetak 13 gol dari empat pertandingan.

Sementara Vietnam hanya mengemas Sembilan gol. Di laga terakhir fase grup yang baru saja usai, Timnas Indonesia menang 4-1 atas Malaysia.

Dalam laga penentuan ini, Malaysia lebih dulu unggul lewat  tembakan jarak jauh Kogileswaran Raj pada menit 13.

Namun, Timnas Indonesia sanggup membalikkan via brace (dua gol) Irfan Jaya. Gol pertama Timnas Indonesia dicetak Irfan Jaya pada menit 36. Memanfaatkan umpan silang Witan Sulaeman, sepakan kaki kiri Irfan Jaya merobek gawang Malaysia.

Skuad Garuda Lolos ke Semifinal dengan Status Juara Grup B Kemudian di menit 43, giliran tendangan Pratama Arhan yang membentur pemain Malaysia, disepak Irfan Jaya untuk lagi-lagi membobol gawang Harimau Malaya.

Selanjutnya di menit 50, Timnas Indonesia unggul 3-1 via sepakan dari luar kotak penalti Pratama Arhan. Terakhir Elkan Baggott mencetak gol via sundulan pada menit 80 yang membuat Timnas Indonesia menang 4-1. Sementara itu, Vietnam menang 4-0 atas Kamboja.

Di semifinal, Timnas Indonesia akan bertemu Singapura. Laga dilangsungkan dua leg, yakni pada 22 dan 25 Desember 2021. Sementara itu, semifinal lain mempertemukan Vietnam vs Thailand. Laga digelar pada 23 dan 26 Desember 2021 (*)

Editor Redaksi