BERITABETA.COM – Timnas Indonesia akan mengawali debut perdananya di babak pengisihan Group B Piala AFF 2020 hari ini, Kamis 9 Desember 2021. Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timnas Kamboja di Bishan Stadium, Singapura. Selain Kamboja, Indonesia juga bakal bersaing dengan Laos, Timnas Malaysia, dan Timnas Vietnam.

Menghadapi Timnas Indonesia, pelatih Kamboja, Ryu Hirose, telah menyampaikan optimisnya untuk merusak rekor timnas Indonesia di laga malam nanti.

Hirose menyebut akan berusaha memutus rekor buruk Kamboja saat jumpa Indonesia. Indonesia memang memiliki rekor yang bagus tiap kali berjumpa Kamboja.

Dikutip dari 11v11, dalam 16 pertemuan terakhir, skuat Garuda tak pernah kalah dengan 15 kemenangan dan sekali imbang lawan tim berjuluk Kouprey Kampuchea. Satu-satunya keberhasilan Kamboja menahan timnas Indonesia terjadi pada 27 April 1997, yakni main imbang 1-1 pada kualifikasi Piala Dunia 1998.

“Kami tentu akan melakukan yang terbaik untuk timnas Kamboja dan kami tahu rekor kami buruk lawan Indonesia, jadi kami harus melakukan perubahan di turnamen ini, begitu juga ketika kami menghadapi tim-tim lain,” ungkap Ryu Hirose dalam konferensi persnya.

Pelatih asal Jepang itu mengaku sama sekali tak takut kepada siapapun lawan yang akan dihadapi untuk Piala AFF 2020. Apalagi, dia ingin membawa Kamboja untuk kali pertama menang edisi 2020 setelah sebelumnya takluk dari Malaysia.

“Tidak penting siapapun yang kami hadapi di turnamen ini, kami akan coba memberkan yang terbaik. Yang penting tim selalu menerapkan taktik dan skema yang sudah kami persiapkan, karena sejatinya itu yang penting untuk kami dalam menjalankan pertandingan,” tutup dia.

Sementara pelatih Timnas Shin Tae-yong yang menjadi juru strategi Timnas Indonesia tidak banyak mengubar janji manis terkait perjumpaan Timnas Indonesia dengan lawan-lawannya di Group B ini.

Bahkan dalam menanggapi prediksi sejumlah kalangan bahwa Timnas Malaysia dan Timnas Vietnam yang akan lolos di group B, pelatih asal Korea Selatan ini hanya menyampaikan optimisnya akan mampu merubah semua prediksi itu.

"Banyak yang berpikir Vietnam dan Malaysia yang lolos ke semifinal. Itu tak masalah, banyak yang berpikir seperti itu yang mau gimana," kata Shin dalam sesi konferensi pers virtual dikutip dari Viva.co.id, Rabu 8 Desember 2021.

"Seperti yang sudah saya bilang, bola itu bundar. Nanti, kita lihat saja hasilnya. Kita akan merasakan bahwa sepakbola Indonesia sudah banyak berubah dan ada perkembangannya," tegasnya melanjutkan.