BERITABETA.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyampaikan keinginannya agar PSSI dapat mewujudkan proses naturalisasi terhadap beberapa pemain keturunan Indonesia yang merumput di Eropa.

Pelatih asal Korea ini memasang kriteria bagi pemain keturunan yang ia ajukan. Kriteria itu salah satunya adalah pemain yang jago menghalau bola-bola udara.

“Shin Tae-yong membutuhkan pemain yang jago menghalau bola mati. Tinggi badan cukup penting kalau bisa menangkan duel bola mati," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan kepada awak media saat melepas skuad Timnas Indonesia U-18 ke Turki, Selasa 16 November 2021.

Siapa yang diincar Shin Tae-yong? Terdapat empat pemain keturunan yang masuk daftar pelatih Timnas Indonesia itu.

“Shin ajukan empat pemain. Ia sebagai pelatih kepala tentu kita akomodir," kata Mochamad Iriawan.

Salah satunya adalah Kevin Diks Bakarbessy yang kini bermain di FC Copenhagen. Sementara tiga nama lainnya adalah Jordi Amat (KAS Eupen), Sandy Walsh (KV Mechelen), dan Mees Hilgers (FC Twente).

Lalu siapa Kevin Diks Bakarbessy?

Kevin Diks Bakarbessy  lahir di Apeldoorn, Belanda, 6 Oktober 1996. Darah Maluku, Indonesia, mengalir di dalam tubuhnya yang berasal dari kakek dan neneknya.

Nama Kevin sudah muncul pada 2018 lalu. Berposisi sebagai bek kanan, namanya berpotensi dinaturalisasi jadi pemain yang akan direkrut Simon McMenemy yang saat itu menjadi nahkoda Timnas Indonesia.

 

Kevin Diks: Pemain Berdarah Maluku yang Mau Bela Timnas Indonesia (Getty Images/Gabriele Maltinti)

Ia bahkan sudah masuk radar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk dinaturalisasi saat itu. Akan tetapi, segala perencanaan tersebut timbul tenggelam. 

Kevin tak kunjung mendapat panggilan dari federasi setidaknya hingga saat ini. Padahal, ia mengaku menantikan panggilan tersebut.

"Aku selalu mengatakan terbuka untuk gabung Timnas Indonesia," ujar Kevin dalam wawancara dengan pesepak bola Yussa Nugraha di akun Youtube-nya.