BERITABETA.COM – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong [STY] memilih membatalkan proses naturalisasi pemain keturunan berdarah Maluku, Kevin Diks Bakarbessy untuk dinaturalisasi.

Sebagai gantinya, STY memilih  pemain keturunan Maluku lainnya yakni Ragnar Oratmangoen untuk diproses PSSI untuk bergabung dalam skuad  Timnas Indonesia.

Kepastian ini disampaikan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani melalui akun Instagram pribadinya @hasaniabdulgani, Rabu (22/12/2021).

Ragnar Oratmangoen menggantikan slot yang ditinggalkan Kevin Diks.  Dengan demikian, Ragner akan bersama tiga pemain keturunan lain yakni Jordi Amat (KAS Eupen), Sandy Walsh (KV Mechelen) dan Mees Hilgers (FC Twente) akan diproses naturalisasi.

Pembatalan  Kevin Diks disebutkan, lantaran Shin Tae-yong menilai mubazir. Pasalnya, Kevin Diks dan Sandy Walsh punya peran dan posisi yang sama. Keduanya  merupakan pemain yang berada di posisi asli fullback kanan.

 “Posisi Kevin Diks dianggap sama dengan Sandy Walsh, akhirnya Shin Tae-yong menukar Diks dengan Ragnar Oratmangoen,” ujar Hasani merinci.

Padahal, pemain 25 tahun ini memilik pengalaman tinggi. Ia tercatat pernah tampil di Liga Champions bersama Feyenoord Rotterdam. Bersama FC Copenhagen musim ini, Kevin Diks juga turun di Liga Konferensi Eropa. Meski mentas sebagai fullback kanan, Kevin Diks masuk kategori produktif.

Dari 26 pertandingan di semua kompetisi, Kevin Diks mengemas tujuh gol dan delapan assist. Namun, nasi sudah menjadi bubur. Harapannya Ragnar Oratmangoen dapat menjadi mesin gol Timnas Indonesia. Bersama Go Ahead Eagles di Liga Belanda 2021-2022, Ragnar Oratmangoen mengemas dua assist dari 17 pertandingan.

Siapa sosok Ragnar Oratmangoen? Pemain 23 tahun ini memiliki darah Belanda-Indonesia. Darah Indonesia didapatkan Ragnar Oratmangoen dari sang ayah yang berasal dari Kepulauan Tanimbar, Maluku.

Ragnar Oratmangoen lahir di Kota Oss, Belanda, pada 21 Januari 1998. Setelah menimba ilmu bersama tim muda Top Oss, Ragnar Oratmangoen berkarier bersama tim NEC Nijmegen U-21.

Oramangoen saat ini tercatat sebagai pemain SC Cambuur yang bermain di Eredivisie atau kompetisi sepakbola level tertinggi di Belanda. Di klub yang pernah diperkuat Stefano Lilipaly itu, Ragnar Oratmangoen sudah mencatat 17 penampilan Eredivisie.

Seperti diketahui, empat pemain keturunan ini merupakan rekomendasi langsung dari Shin Tae-yong.

Di sisi lain, proses naturalisasi Walsh dan Amat sudah mencapai 90%. Sementara itu, Hilgers masih belum lengkap.

“Sampai hari ini, dokumen yang sudah 90% lengkap baru dari Jordi Amat dan Sandy Walsh. Sedangkan Mees Hilgers belum lengkap. Oratmangoen masih belum kasih kabar,” tukas Hasani (*)

Editor : Redaksi