BERITABETA.COM - Ragnar Oratmangoen, salah satu pemain sepak bola yang kini berjaya di Liga Belanda, menyampaikan keinginannya untuk berseragam Timnas Indonesia. Pemain asal klub Eredivisi GA Eagles, Belanda ini menyampaikan keinginan itu, namun ada syarat yang harus dipenuhi oleh pihak timnas agar dirinya yakin bisa  membela skuat Garuda.

Seperti dikutip dari bolatimes.com,  Ragnar Oratmangoen memiliki darah Indonesia yang berasal dari sang ayah. Ayah Ragnar memang lahir di Belanda, tapi kakek dan neneknya lahir di Indonesia, tepatnya Maluku.

Nama Ragnar Oratmangoen sendiri mulai dikenal pada 2020 lalu. Saat itu, nama Ragnar ramai di media sosial setelah akun Instagram Football Talentnesia membagikan informasi terkait dirinya.

Belum lama ini, Oratmangoen menyampaikan bahwa dirinya sudah memikirkan untuk karier internasionalnya. Oratmangoen jelas bisa berseragam Timnas Indonesia karena punya keturunan darah Maluku.

Dia pun memberikan isyarat mau membela Timnas Merah Putih. Akan tetapi, ada syarat yang diajukan oleh winger berusia 23 tahun ini sebelum akhirnya menerima panggilan timnas.

"Saya sudah memikirkannya (bela timnas), tapi levelnya di sana harus dinaikkan dengan pemain yang berkompetisi di sepak bola Eropa. Jika itu terjadi, saya akan memikirkannya," ucap Oratmangoen yang dikutip dari media Belanda, De Stentor pada Rabu (15/9/2021).

"Membela timnas di level internasional selalu saya inginkan. Namun, bagi saya GA Eagleas adalah yang terpentin. Saya hanya memainkan baru memainkan tiga pertandingan di Eredivisie," imbuhnya.

Nah, melihat syarat Oratmangoen tersebut bukan tak mungkin dia menutup pintu ke timnas. Sebab, kini pemain Indonesia sudah mulai berani untuk berkarier di Eropa.

Sebut saja ada Bagus Kahfi, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, David Maulana, dan Brylian Aldama yang setidaknya kini berkarier di sepak bola Eropa.

Sementara itu, Ragnar Oratmangoen saat ini bermain untuk klub Eredivisie Belanda, Go Ahead Eagles. Dia didatangkan dari SC Cambuur di bursa transfer musim panas ini.

Oratmangoen selalu mendapatkan kepercayaan pelatih GA Eagles dalam empat laga terakhir. Hebatnya dia selalu menjadi pemain starter di GA Eagles.

Saat bertanding melawan Excelsior, Senin 5 Juni 2021 Ragnar membuat tiga gol dan membantu timnya menang dengan skor 7-2.

Dengan hattrick yang dibuatnya di laga kali ini, Ragnar sudah membuat enam gol dari 17 laga yang sudah dimainkan.

Ragnar Oratmangoen menjadi satu nama pemain keturunan yang bisa dipertimbangkan Shin Tae-yong untuk berbaju Timnas Indonesia. Pasalnya, ia sudah lama berkompetisi di sepak bola Eropa, khususnya Belanda.

Ragnar memulai kiprahnya di dunia 'si kulit bundar' sejak kecil bersama salah satu tim muda divisi kedua Liga Belanda yakni TOP Oss Youth. Pada usia 10 tahun, ia kemudian direkrut NEC Nijmegen.

Bersama NEC Nijmegen, Ragnar berhasil mengembangkan bakat besarnya. Perlahan tapi pasti, ia menapaki kariernya bersama beberapa tim kelompok usia NEC Nijmegen, di antaranya; U-17, U-19, dan U-21 (*)

Editor : Redaksi