BERITABETA.COM, Ambon - Wakil Gubernur (Wagub) Maluku Barnabas Nathaniel Orno mengungkapkan demokrasi di Indonesia sebelum kehadiran multi partai, landasannya hanya ada di tiga partai besar.  Partai Golkar, PDI (Sekarang PDI-P) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

PPP dinilai meski sebagai partai berasaskan agama, namun penghuninya (kadernya) berjiwa nasionalis, sehingga bila diibaratkan sebagai pohon, akar PPP telah menjalar hingga ke rongga Bumi (masyarakat).

"PPP ini adalah partai bernuansa agama tapi berjiwa nasionalis. Partai ini saya yakin sungguh karena nuansanya agama pasti tetap menjaga etika dan norma politik sebagai perekat bangsa Indonesia, apalagi masyarakat Maluku terdiri dari ras, suku dan agama," kata Wagub Maluku saat membaca sambutan Gubernur Maluku, saat membuka Rapat Pimpinan Wailayah (Rapimwil) PPP Maluku, di Aula Pacific Hotel, Kamis (16/9/2021).

Wagub Maluku menjelaskan PPP bersama partai lainnya diharapkan pemerintah dan masyarakat Maluku untuk selalu menjadi perekat persaudaraan. Terlebih, PPP ini merupakan partai tua yang memiliki segudang  pengalaman berpolitik.

"Jadi kami sangat mengharapkan, PPP membantu seluruh program kebijakan pemerintah daerah agar bisa mensejahterakan masyarakat," jelas Wagub.

Menurut mantan Bupati Kabupaten MBD ini, kegiatan Rapimwil tentu sangat penting dan strategis bagi seluruh pengurus dan kader PPP di Maluku, untuk memantapkan kembali eksistensi partai sebagai partai islam yang telah mengawal reformasi bangsa dan negara di Maluku.

Sejumlah pengurus dan kader PPP Maluku saat mengikuti Rapimwil PPP

"Atas nama pribadi dan juga Pemerintah Provinsi Maluku, saya mengucapkan selamat dan sukses atas diselenggarakannya kegiatan Rapimwil pada hari ini," ucapnya.

Orno menyampaikan keinginannya, agar Rapimwil yang dilaksanakan tahun ini, bukan sekedar hajatan seremonial semata, tetapi sebagai momentum untuk melakukan evaluasi dan memperkuat eksistensi PPP di tengah kancah perjuangan politik daerah, guna membantu umat dan masyarakat Maluku mencapai kehidupan yang lebih baik.

"Saya turut mendoakan dan berharap agar melalui Rapimwil ini, para pemimpin, kader dan keluarga besar PPP Maluku terus membangun konsistensi dan komitmen untuk mewujudkan visi mulia partai," ucapnya.