BERITABETA.COM, Ambon – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Maluku, Aziz Hentihu menjadi calon anggota legislatif (Caleg) dengan perolehan  suara terbanyak di Kabupaten Buru.

Perolehan suara Aziz melampaui semua Caleg DPRD Provinsi di Dapil Maluku 2, khususnya  di Kabupatan Buru. Namun, politisi PPP ini gagal lolos ke DPRD Provinsi Maluku pada Pemilu 2024.

Aziz yang kini digadang menjadi Bakal Calon Bupati Buru periode mendatang, mendulang suara sebanyak suara 8.017. Jumlah perolehan suara itu, kalah tipis akibat akumulasi suara dari Kabupaten Buru Selatan yang menempatkan  kaders internal PPP lainnya Dali Fahrul Syarifudin sebagai pemenangnya.

Dari data yang diperoleh beritabeta.com menyebutkan, Aziz diselip rekannya sesama kader internal PPP Dali Fahrul Syarifudin, yang memperoleh suara di Kabupaten Buru sebanyak  7.180 suara di bawah suara Aziz atau selisi sebanyak 837 suara.

Namun, Dali melampaui Aziz setelah meraih sebanyak 1.263 suara dari Kabupaten Buru Selatan,  sehingga Dali akan mengantikan posisi Aziz di DPRD Provinsi Maluku pada periode mendatang.

Data sementara lima besar Caleg dengan perolehan suara terbanyak di Kabupaten Buru,  masing-masing Aziz Hentihu dari PPP dengan 8.017 suara, Ikram Umasugi dari  PKB dengan perolehan 7.304 suara, Dali Syarifudin dari PPP dengan 7.176  suara, Solihin Buton dari PKS dengan 4.222 suara, dan Gadis Umasugi Golkar dengan 4.093 suara.

DPW PPP Maluku Pimpinan Aziz Hentihu sendiri sebelumnya diprediksi akan meloloskan dua kadersnya ke DPRD Maluku dari Dapil Maluku 2 Buru - Bursel pada Pemilu 2024,  akan tetapi sampai dengan saat ini terkonfirmasi PPP hanya mampu meloloskan 1 anggota ke DPRD Maluku

PPP saat ini bersaing dengan PDIP untuk menjadi pemenang Pemilu 2024 untuk kursi DPRD Provinsi Dapil Maluku 2 Buru dan Buru Selatan dengan perolehan suara 20.196 suara.