BERITABETA.COM – Ezra Walian yang sempat dipanggil timnas telah membuka harapan para pemain keturunan lainnya di Belanda untuk bisa berkostum garuda. Baru-baru ini nama Ezra Walian kembali ramai diperbincangkan setelah partisipasinya untuk membela Timnas U-23 Indonesia dalam gelaran Kualifikasi Piala Asia U0-23 2020 dijegal otoritas sepak bola tertinggi Asia AFC.

Status legalitas Ezra dipertanyakan karena sebelumnya sempat membela Timnas U-17 Belanda. Kala itu ia melakoni dua pertandingan melawan San Marino dan Georgia.

Terlepas dari permasalahannya tersebut, Ezra bisa dibilang beruntung karena merupakan warga keturunan Belanda-Indonesia yang dipanggil oleh timnas. Selain Ezra, ternyata masih ada sejumlah nama pemain keturunan yang merumput di Belanda, tertarik untuk mengabdi bagi Timnas Indonesia.

FIFA telah mengambil keputusan bahwa tak mengizinkan Ezra Walian untuk membela timnas U-23 Indonesia karena sudah memperkuat timnas U-17 Belanda pada kompetisi resmi UEFA, pada Piala Eropa U-17.

Dalam statuta FIFA soal status pemain yang berganti asosiasi, disebutkan bahwa pemain hanya boleh sekali berganti kewarganegaraan sehingga ia diperkenankan membela negara lain dalam laga internasional. Itu pun ada syarat yang harus dipenuhi.

Yakni, pemain itu tidak pernah bermain di pertandingan resmi Level A bersama asosiasi sebelumnya, termasuk sebagai pengganti. Jika pemain itu pernah bermain untuk negara lain, dia tidak berhak bermain lagi untuk asosiasi barunya.

Pemain RKC Waalwijk itu mengaku sangat sedih. “Saya sebenarnya sangat sedih,” tulis Ezra Walian. “Tapi, saya memutuskan untuk tetap setia dan tinggal bersama tim di Vietnam hingga kualifikasi selesai,” tulisnya.

Ezra mengaku akan menjadi pemain ke-12 Indonesia untuk mendukung skuat Garuda Muda berlaga. “Saya akan menjadi pemain ke-12 di tribun, dan berteriak menyemangati kalian,” tulis Ezra. “Semangat Timnas! Kalahkan mereka semua, Aku yakin kita bisa dan lolos. Garuda didadaku!.”

Ezra Walian berada di bangku penonton saat laga timnas U-23 Indonesia Vs Thailand

Siapa Ezra Walian?

Mencintai sepakbola sejak kecil di Belanda, Ezra Walian masuk klub besar Ajax.  Kehebatannya sebagai penyerang membetot perhatian Indonesia, ia pun masuk program naturalisasi untuk membela Timnas Merah Putih.

Pria kelahiran Amsterdam, Belanda pada 22 Oktober 1997 ini sudah menyukai sepakbola sejak usia 4 tahun. Ia adalah anak ketiga dari tiga bersaudara pasangan Glenn Walian yang berasal dari Manado dan Linda Bos merupakan warga asli Belanda.

Bersama orang tuanya, Ezra tinggal di daerah pinggiran kota Amsterdam. Darah sepakbolanya pun turun dari sang ayah yang pernah menjadi pesepakbola di sebuah klub lokal sebagai bek kanan.

Ezra Walian mengawali karier profesionalnya saat menginjak usia 8 tahun dengan bergabung bersama klub HFC Haarlem. Tidak lama setelah itu, ia pun berpindah ke klub AZ Alkmaar.

Nama Ezra Walian mulai dikenal setelah tergabung dalam tim junior Ajax. Klub besar di Belanda ini melihat bakat Erza kala bermain untuk Timnas Belanda U-15.

Pada turnamen Lion City Cup Singapore 2012, Ezra berhasil membawa Ajax B2 (U-16) menjadi juara sekaligus menyabet gelar top skor. Padahal pada turnamen ini, klub-klub besar seperti Manchester City dan FC Porto pun turut bermain. Saat itu kehadiran Erza pun mulai diperhitungkan.

Meski lahir dan besar di negeri kincir angin, namun Ezra memiliki kecintaan terhadap Indonesia. Hampir setiap tahun, ia pulang ke tanah air terutama Manado, tempat asal sang ayah. Tempat liburan favoritnya di Indonesia adalah Bali dan Bunaken.

Atas kecintaannya ke Indonesia, pria yang memiliki tinggi 183 cm ini diundang langsung oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang di rumah dinasnya pada tahun 2013. Setahun kemudian giliran Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo mengundang Ezra pada 8 juli 2014.

Selain itu, Ezra juga sering melakukan kegiatan sosial yang berhubungan dengan bola, yaitu dengan mengadakan coaching clinic di Bandung, Bogor, dan Manado. Ia juga mengunjungi Panti Asuhan “Mama Sayang” di Jonggol dan Rumah Sakit Khusus Ginjal “Ny.R.A.Habibie” di Bandung.

Gayung pun bersambut. Indonesia yang membutuhkan kehebatan Ezra di Timnas akhirnya kesampaian. Proses naturalisasi pun berlangsung. Pada Kamis 18 Mei 2017, Ezra Walian resmi menjadi warga negara Indonesia. Ia diambil sumpah di Kantor Kemkumham, Cawang, Jakarta Timur. Dengan resminya kewarganegaraan Ezra, berarti ia bisa bermain untuk memperkuat Timnas Merah Putih.

Ezra pun melakoni debut perdananya bersama Timnas Indonesia U-22 melawan Myanmar Maret 2017 lalu. Sayangnya, mereka harus kalah 1-3 dari Myanmar. Ezra tak patah semangat, ia pun terus berlatih dan terpilih kembali masuk Timnas Indonesia pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Pada ajang SEA Games Malaysia 2017, Ezra bersama Timnas Indonesia U-22 hanya berhasil meraih perunggu setelah mengalahkan Myanmar dengan skor 3-1. Setelah membantu timnas Indonesia U-22, Ezra resmi bergabung dengan klub kasta kedua Liga Belanda, Almere City FC.  (berbagai sumber)

KELUARGA

Orang Tua            : Glenn Walian dan Linda Bos

KARIER

HFC Haarlem

AZ Alkmaar

Timnas Belanda U-15, U-16, dan U-17

Ajax Amsterdam (2013-2017)

Timnas Indonesia U-22 (2017)

Almere City (2017-Sekarang)