BERITABETA.COM – Pemain keturunan berdarah Maluku, Kevin Diks Bakarbessy yang diminta Pelatih Timnas Indonesia  Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi hingga kini belum merespons permintaan dari PSSI.

Kevin Diks menjadi satu dari total empat pemain yang diminati Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia. Tiga pemain lainnya adalah Mees Hilgers, Sandy Walsh, dan Jordi Amat.

Mereka berempat ini sedang diupayakan PSSI untuk dinaturalisasi. Kebetulan keempatnya pernah membuat pernyataan bahwa mereka punya darah keturunan Indonesia dan berminat memperkuat Garuda.

Anggota Komite Eksekutif PSSI Hasani Abdulgani yang ditugasi PSSI untuk meloby dan mengurus proses naturalisasi keempat pemain yang bermain di Eropa ini, mengaku Mees Hilgers, Sandy Walsh, dan Jordi Amat sudah memberikan respons positif.

"Jadi proses dokumentasi itu yang hari ini sudah oke itu ada tiga, tapi yang satu (Kevin Diks) belum. Tapi kami mau umumkan kalau semuanya sudah clear. Jadi kami bicara tiga orang, tapi sampai sekarang empat pemain itu masih terbuka komunikasinya bersama kami," katanya seperti dikutip dari detik.com, Rabu (1/12/2021).

Kevin Diks dan Sandy Walsh sudah lama dikaitkan dengan Timnas Indonesia. Mereka berdua pernah mengeluhkan minimnya usaha pendekatan dari PSSI setelah menyatakan minat memperkuat Timnas Indonesia.

Kini setelah PSSI melakukan pendekatan, cuma Sandy Walsh yang terbilang responsif. Sementara Mees Hilgers dan Jordi Amat adalah nama yang baru muncul belakangan ini.

Terlepas dari itu, PSSI menargetkan naturalisasi keempatnya beres awal tahun depan. Tapi itu sangat bergantung dengan proses pembuktian dokumen sebagai keturunan Indonesia, birokrasi pemerintah, dan pengesahan FIFA.

"Saya sih menargetkan Januari atau Februari ya, itu sudah jalan karena memang negara juga membutuhkan demi mengejar prestasi dan segala macamnya," ucap Hasani.

Tentang Kevin Diks

Kevin Diks lahir di Apeldoorn, Belanda, 6 Oktober 1996. Ia adalah pemain keturunan berdarah Maluku, berasal dari kakek dan neneknya.

Kevin Diks merupakan pemain yang cukup versatile. Meski berposisi asli sebagai bek kanan, ia juga bisa mengisi pos bek kiri dan gelandang bertahan.

Ia pernah menghadapi pemain-pemain top ketika memperkuat Feyenoord Rotterdam di Liga Champions 2017/2018.

Saat itu, Feyenoord Rotterdam satu grup dengan Manchester City, Napoli dan Shakhtar Donetsk. Saat bertemu Manchester City, Kevin Diks berduel dengan pemain-peman top macam Bernardo Silva, Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, Gabriel Jesus hingga Sergio Aguero.

Pada tahun 2002 Kevin Diks mengasa talentanya di VIOS Vaassen hingga 2004. Bakatnya ikut dilirik Vitesse pada musim 2014 hingga 2016.

Tim Liga Italia, Fiorentina merekrutnya pada bursa transfer musim panas 2016 silam, meski dipinjamkan ke klub lamanya selama enam bulan. Diks kemudian banyak dipinjamkan ke Feyenoord dan Empoli. Hingga ia bermain untuk Aarhus GF hingga Juni 2021.

Kevin Diks kini membela klub papan atas asal Denmark, FC Kopenhagen, sejak Juli lalu. Dia pun telah mengoleksi tujuh gol dan delapan assist dari 26 laganya di Kopenhagen (*)

Editor : Redaksi