BERITABETA.COM – Setelah sukses mencukur Harimau Malaya julukan dari Timnas Malaysia,  dengan skor telak 3-0,  pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, mulai menebar ancaman akan membuat hal serupa kepada Timnas Indonesia di laga berikutnya.

Park Hang-seo bertekad akan mengalahkan Indonesia dalam perjumpaan Timnas Vietnam – Indonesia di Piala AFF 2020, yang  akan berlangsung di Stadion Bishan, Singapura pada Rabu (15/12/2021) malam WIB.

Pertemuan dua pelatih asal Korea Selatan itu memang menjadi daya tarik duel kedua negara. Hang-seo yang sudah lebih lama menangani Vietnam, sudah pernah menaklukkan Indonesia di bawah kendali Tae-yong pada kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Pada laga itu, Vietnam bahkan bisa menang dengan empat gol tanpa balas dan lolos ke babak akhir kualifikasi Piala Dunia 2022.

Hasil itu yang membuat hang-seo kian percaya diri. Ia bahkan mengaku ingin menundukkan ambisi Indonesia di depan juniornya itu.

“Kita semua tahu Mr. Shin sudah teruji kemampuannya di Korea. Dia pernah menangani timnas Korea Selatan di Piala Dunia. Mr. Shin adalah junior favorit saya. Saya akan mencoba memenangi pertandingan (melawan Indonesia), dan lebih indah lagi di depan muka Mr. Shin,” bilang Park Hang-seo, dikutip dari Football5star.

Kemenangan 3-0 atas Malaysia membawa Vietnam memuncaki klasemen sementara grup B dengan 6 poin dari dua laga. Namun, poin yang dimiliki sama dengan Indonesia dan Malaysia. Hanya saja, Malaysia sudah memainkan tiga prtandingan.

“Malaysia selalu sulit dikalahkan. Saya berterima kasih kepada para pemain atas kerja kerasnya. Kemenangan atas Malaysia membuat saya senang. Saya percaya pemain sudah berjuang dan saya puas. Mengenai evaluasi, saya serahkan ke orang lain,” sebut pelatih berusia 64 tahun tersebut.

Menanggapi ancaman itu, secara terpisah Shin Tae Yong mengatakan anak asuhnya tidak takut melawan Vietnam usai menang telak 5-1 atas Laos pada laga kedua Grup B Piala AFF 2021, Minggu (12/12) sore WIB.

Shin Tae Yong mengakui Vietnam adalah tim terkuat di Piala AFF. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu meyakini Evan Dimas dan kawan-kawan memiliki kemampuan untuk mengalahkan sang juara bertahan.

"Vietnam adalah tim terkuat di Piala AFF. Mereka kandidat juara. Kami tidak akan takut dengan Vietnam," ujar Shin Tae Yong dalam konferensi pers setelah laga melawan Laos.

"Jika pemain mampu tampil dengan baik dan percaya diri, saya yakin kami mampu mengalahkan Vietnam," ia melanjutkan.