BERITABETA.COM, Ambon – Pemerintah Provinsi [Pemprov] Maluku melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, menggelar pasar murah membantu warga jelang perayaan Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 2022.

Pasar murah ini dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno di halaman Kantor Gubernur, Senin (13/12/2021).

Kegiatan pasar murah ini direncanakan berlangsung hingga Kamis, 16 Desember 2021 mendatang. Sedangkan paketan bahan pokok yang dijual terdiri dari telur ayam ras 1 rak, gula pasir 2 kg, terigu 2 kg dan minyak goreng 1 liter. Satu paket bahan pokok ini dijual dengan harga Rp. 50 ribu.

Pasar murah ini akan digelar di sejumlah desa dan kelurahan di Pulau Ambon yang warganya merayakan Natal dan akan berlangsung juga di  kabupaten/kota se-Maluku.

Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan pasar murah oleh Pemprov Maluku ini bertujuan untuk membantu masyarakat memperoleh bahan pokok dengan harga terjangkau, serta memberikan kesempatan para distributor menyediakan dan menjual bahan pokok dibawah harga distributor.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunnya diprogramkan pemerintah dalam menyambut hari-hari besar keagamaan,” pungkasnya.

Orno berharap, pasar murah ini paling tidak akan dapat membantu meringankan beban hidup masyarakat kurang mampu dalam menghadapi hari-hari yang semakin berat, dan akan tercipta komunikasi dan interaksi yang harmonis dalam menjalin rasa kebersamaan dan sepenanggungan.

“Ini juga menjadi momentum untuk mempererat tali persaudaraan sebagai orang Maluku atau orang bersaudara yang hakiki dan sejati," ungkapnya.

Dikatakan, sejak bulan suci Ramadhan hingga perayaan Idul Fitri yang lalu dan jelang Natal 25 Desember 2021 serta Tahun Baru 1 Januari 2022, stok bahan pokok tersedia dalam jumlah yang sangat cukup dengan tingkat harga yang secara umum terkendali.

Hal ini dikarenakan, Pemprov Maluku melalui Disperindag selalu membangun koordinasi dengan stakeholder terkait di daerah-daerah penghasil seperti Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

"Sebagai pusat akumulasi distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat di kawasan timur, dalam upaya menjaga kelancaran arus distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat ke Provinsi Maluku sehingga tidak terjadi kelangkaan," ujar Wagub.

Dengan tersedianya stok bahan pokok yang sangat cukup dan tingkat harga yang wajar, maka Wagub pun kembali berharap, para pelaku usaha maupun pihak lain tidak melakukan spekulasi yang berdampak pada kenaikan harga barang pokok secara tidak wajar.

"Kepada pelaku usaha dan semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi aktif sehingga terlaksananya pasar murah, atas nama pemerintah daerah saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi," tutup Wagub.

Sebagai informasi, pembukaan psar murah ini dihadiri Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Margaretha E.E. Samson, Plh. Sekda Sadali Ie, Kadispora Sandi Wattimena, Kadis Perindag Elvis Pattiselano, Kadis Kominfo Semmy Huwae dan undangan lainnya (*)

Editor : Redaksi