BERITABETA.COM, Ambon - Pemerintah Provinsi Maluku bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku menggelar  pasar murah murah mobile menyambut hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Program pasar murah mobile dimulai dengan pelepasan unit kendaraan berisi sejumah kebutuhan pokok masyarakat oleh Sekda Maluku, Kasrul Selang di halaman Kantor Gubernur Maluku, Senin (3/5/21).

Sekda Maluku Kasrul Selang dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pasar murah mobile  ini akan dimulai pada tanggal 3 sampai 6 Mei 2021. Dengan menyasar sejumlah desa di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku yang meliputi Kecamatan Salahutu, Leihitu, dan Leihitu Barat.

“Sasaran desa-desa ini dengan melihat basis data dari Program Keluarga Harapan (PKH) Dinas Sosial Maluku, sehingga diharapkan pasar murah ini tepat sasaran menyentuh masyarakat ekonomi lemah yang membutuhkan,” tandas Kasrul.

Menurutnya, stok kebutuhan pokok masyarakat untuk Provinsi Maluku masih tersedia dalam jumlah yang cukup, ini semua adalah berkat kerja sama Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Perindag.

Kesemuanya ini, kata Kasrul, dilakukan berkat komunikasi, koordinasi dan kolaborasi secara terus menerus dengan beberapa kota besar di provinsi lainnya di Indonesia antara lain Surabaya, Makassar dan Manado sebagai pusat-pusat akumulasi distribusi kebutuhan pokok masyarakat di kawasan timur Indonesia.

"Atas nama pemerintah daerah kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Walikota se-Maluku yang juga turut dalam pelaksanaan pasar murah di daerahnya masing-masing,"ungkap Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Elvis Pattiselanno dalam laporannya menjelaskan pasar murah ini digelar atas arahan Gubernur Maluku dalam rangka memudahkan masyarakat memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

Hal ini, kata dia, juga didukung dalam Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Tentang Pelaksanaan Pasar Murah / Bazaar Menyambut Hari-Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) seperti Bazaar Idul Fitri 1442 H dan Bazaar Natal Tahun Baru 2022 nanti.