BERITABETA.COM, Masohi - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggelar pasar murah Ramadhan pada Jumat (07/04/2023). Kegiatan pasar murah ini berlangsung di Gedung Pasar Binaya, Kota Masohi.

Penjabat (Pj) Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy mengatakan, pasar murah ini digelar dengan maksud untuk memudahkan  masyarakat memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga  yang relatif terjangkau.

Kebutuhan pokok ini dipatok dengan harga yang cukup miring, jika dbandingkan dengan harga di pasaran  pada umumnya.

Dikatakan, masyarakat dapat menikmatinya karena  pemerintah menggunakan skema subsidi atas harga-harga bahan pokok.  Adapun bahan kebutuhan pokok  tersebut berupa 10 ton beras dan 6000 liter minyak goring.

Marasabessy juga meminta agar  kesempatan ini lebih diutamakan kepada masyarakat yang kurang mampu.  Ia mengatakan tidak ingin selama  pelaksanaan pasar murah ini ada masyarakat yang mengeluh dan  melaporkan akibat dari ketidak profesionalan dalam  pengelolaan pasar murah.

"Saya berharap agar proses monitoring oleh  petugas pasar murah dilakukan secara ketat dengan tetap  mengedepankan pendekatan-pendekatan yang humanis," pinta Marasabessy.

Pj Bupati Malteng ini berharap, kedepan  pasar murah tidak hanya digelar di Kota Masohi,  tetapi sudah waktunya  dinas terkait segera melakukan kajian dan pemetaan agar di  waktu mendatang pasar murah juga bisa lakukan di pusat-pusat  kecamatan sehingga ada keadilan dan pemerataan.

"Saya menyadari untuk mewujudkan itu tidaklah mudah, karena  pemerintah juga memiliki keterbatasan dari sisi pembiayaan, perlunya sinergitas dan kolaborasi dengan lembaga-lembaga  perbankan serta pelaku bisinis," jelas Marasabessy. 

Diakhir sambutannya, Pj Bupati meminta kepada masyarakat agar moment pasar  murah ramadhan ini dijadikan sebagai sarana menumbuhkan rasa percaya  kepada pemerintah yang selalu hadiri memberikan pelayanan  terbaik kepada masyarakat (*)

Pewarta : Edha Sanaky