BERITABETA. COM, Ambon – Menjelang perayaan Natal 2022, Pemerintah Provinsi [Pemprov] Maluku melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan telah membuka pasar murah yang difokuskan di 27 titik di Pulau Ambon.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Yahya Kotta menjelaskan pasar murah ini akan digelar serentak di 27 yang mencakup hingga ke Kecaatan Salahatu, Leihitu, dan Leihitu Barat.

"Pelaksanaannya akan dimulai pada tanggal 12 sampai dengan 14 Desember 2022 bertempat di desa, negeri dan kelurahan di pulau Ambon yang warganya merayakan Natal.  Jadi akan dilakukan secara mobile ini, " Katanya.

Menurut Kadis, tujuan pasar murah ini untuk membantu masyarakat pada umumnya, terutama yang akan merayakan hari Natal dan Tahun Baru 2023 untuk memperoleh kebutuhan bahan pokok dengan harga yang terjangkau.

Kemudian, memberikan kesempatan kepada para distributor untuk menyediakan dan menjual bahan kebutuhan pokok dengan harga yang dibawah distributor.

Dan tujuan lainnya, sebagai sarana untuk memperkuat tali silaturahmi antara sesama orang bersaudara di Maluku khususnya di Kota Ambon Manise,"ungkapnya Yahya.

Yahya mengatakan, harga satu paket dari distributor di botol sebesar Rp130.000 per paket, sedangkan dijual di Pasar Murah mobile dengan harga Rp50.000 per paket dengan demikian subsidi sebesar 80.000 dari pemerintah daerah.

Kadis juga mengungkapkan komoditi yang dijual kebutuhan yang dijual kepada kegiatan ini adalah satu paket terdiri dari telur ayam ras satu rak, gula pasir 2 kg, terigu 2 kg, minyak goreng 1 liter.

"Perlu saya laporkan kepada Gubernur bahwa stop kebutuhan bahan pokok menjelang hari natal 2022 dan tahun baru 2023 tersedia dalam jumlah yang cukup. Para distributor yang berpartisipasi dalam pasar murah ini UD. Gema Rezeki, Bulog Kanwil Maluku dan Maluku Utara, Ambon farmers market, "pungkasnya.