BERITABETA.COM - Timnas Indonesia U-23 dipastikan bertemu Timnas Korea Selatan (Koresel) di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kesempatan ini sekaligus menjadi sejarah baru bagi Indonesia di dunia sepak bola.

Bertemu Timnas Korea Selatan, sebelumnya sudah diprediksi kebanyakan orang. Termasuk pelatih Korea Selatan U-23 Hwang Sun Hong terlihat sangat ngotot untuk meladeni Arhan Pratama dan kawan-kawan.

Kini tidak bisa dihindari keinginan dari Hwang Sun Hong untuk duel strategi bersama rekannya Shin Tae-yong.  

Laga ini juga menjadi spesial bagi pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengingat dirinya akan melawan negara asalnya. Tak hanya itu, usut punya usut ternyata Hwang Sun-hong memiliki kedekatan cukup baik dengan Shin Tae-yong.

Dikabarkan Hwang Sun-hong sempat menonton langsung pertandingan Timnas Indonesia U-23 melawan Yordania pada Minggu 21 April 2024).

Ia mengakui ini menjadi kunjungan balasan ketika Shin Tae-yong hadir dalam pertandingan Korea Selatan U-23 melawan Uni Emirat Arab pada Selasa 16 April.

Hubungan akrab keduanya tak hanya saling mengunjungi tapi juga saling berbalas pesan.

Laga kontra Korsel ini akan terwujud di  Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha,  Jumat (26/4) dini hari nanti.

Lantas apa kata Shin Tae-yong terkait perjumpaan ini? Pelatih asal Korea Selatan itu bahkan menyebut  rekannya Hwang Sun Hong akan stres menghadapi tim asuhannya.

"Saya memastikan pelatih Hwang Sun Hong akan stres," kata STY dikutip dari CNNIndonesia.com yang mengutip media Korea, Chuson.

Pernyataan Shin Tae-yong seakan pertanda dirinya telah mengantongi kelemahan tim Negara asalnya itu. Apakah Korea Selatan akan bernasib sama seperti Timnas Australia dan Yordania?

Kesimpulan ini terlalu dini, sebab Timnas Korea Selatan bukanlah tim kaleng- kalang.  

Anak asuh Hwang Sun Hong punya reputasi gemilang di ajang bergengsi ini. Pada pertandingan nanti, Korea Selatan U-23 jelas lebih diunggulkan dari Timnas Indonesia U-23 yang baru merasakan Piala Asia U-23.

Tim berjuluk Taegeuk Warriors itu tidak pernah absen sejak Piala Asia U-23 bergulir pada 2013. Mereka sejauh ini tampil impresif di Grup B. Dari tiga laga, mereka tidak terkalahkan dan tidak pernah kebobolan.