BERITABETA.COM, Masohi -  Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Maluku Tengah resmi membuka pendaftaran bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabub) Maluku Tengah periode 2024 - 2029.

Jadwal penjaringan balon Bupati dan Wabup  Malteng ini disampaikan Ketua Tim Penjaringan PKS Malteng, Musriadian Labahawa kepada wartawan dalam  konfrensi pers di Kantor DPD PKS Malteng, Selasa (23/04/2024).

Labahawa mengatakan proses pembukaan pendaftaran akan dimulai pada tanggal 24 April - 06 Mei 2024.

“Waktunya mulai pukul 09.00 - 18.00 WIT bertempat di kantor Sekertariat DPD PKS Malteng dan hari Minggu kita libur ,” kata Labahawa.

Dikatakan, sebelum pembukaan pendaftaran sudah ada beberapa balon Bupati yang mengkonfirmasi akan mendaftarkan diri ke PKS, Mereka masing-masing Andi Munaswir, Muhamat Marasabessy dan Sitti Amina Amahoru.

Sedangkan untuk balon wakil bupati, kata Labahawa juga sudah ada konfirmasi dari tim Mario Lawakata untuk mengambil formulir balon Wabup.

Labahawa menambahkan proses pendaftaran ini bersifat terbuka dan setiap balon punya peluang yang sama untuk mendapatkan rekomendasi dari PKS.

Dijelaskan, terdapat tiga tahapan proses yang harus dilalui PKS. Antaranya, proses penjaringan, penyaringan dan penetapan balon.

“Tim kita akan bekerja dalam proses penjaringan sekaligus penyaringan, terkait dengan keputusan rekomendasi itu menjadi kewenangan dari Dewan Pimpinan Pusat,” ungkap Labahawa.

Ia menambahkan, setelah pengambilan formulir oleh balon, tim penjaringan PKS akan melakukan fit and proper test, uji publik, dan survey  kepada bakal calon yang telah mengembalikan formulir sesuai pentahapan dan persyaratan (*)

Pewarta : Jubeda Sanaky