BERITABETA.COM, Bula — Pada tanggal 7 Mei 2024 besok menjadi hari terakhir pendaftaran dan pengembalian formulir Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) di Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) setempat.

Dari hari pertama pembukaan pendaftaran, baru Balon Bupati SBT Agil Rumakat yang resmi melakukan pengembalian di sekretariat Partai Gerindra dan Partai NasDem pada Senin (6/5/2024).

Ketua Penjaringan Balon Bupati dan Wabup SBT Partai Gerindra, Costansius Kolatfeka kepada wartawan mengatakan, selama pembukaan pendaftaran, baru dua Balon Bupati yang datang mengambil formulir pendaftaran di Partai Gerindra, yakni Agil Rumakat dan Fachri Husni Alkatiri.

Kolatfeka mengaku, untuk hari ini, hanya Agil Rumakat yang datang melakukan pengembalian formulir pendaftaran sebagai Balon Bupati SBT. Sementara Fachri Husni Alkatiri terkonfirmasi besok di hari terakhir baru melakukan pengembalian.

"Yang mendaftar menjadi Balon Bupati di Partai Gerindra itu baru dua. Pak Agil Rumakat baru melakukan pengembalian formulir tadi dan terkonfirmasi dengan Pak Fachri Alkatiri itu besok tanggal 7," akui Costansius Kolatfeka.

Balon Bupati SBT, Agil Rumakat melakukan pengembalian formulir pendaftaran di Partai Gerindra
Balon Bupati SBT, Agil Rumakat melakukan pengembalian formulir pendaftaran Balon Bupati di sekretariat Partai Gerindra


Untuk Balon Wakil Bupati, Ketua Fraksi Partai Gerindra ini berujar, belum ada satu orang pun yang datang mengambil formulir, namun dia telah mendapat konfirmasi dari sejumlah Balon Wakil Bupati, meraka akan mengutus tim untuk mengambil formulir.

"Wakil satu pun belum. Mungkin ada terkonfirmasi dengan pak Gafar juga ingin mendaftar di Gerindra, tapi belum ada informasi lanjutan," ujarnya.

Sekretaris DPC Partai Gerindra SBT itu mengungkapkan, setelah menerima semua dokumen yang diserahkan Agil Rumakat, tim penjaringan langsung melakukan verifikasi dan semua persyaratan umum dan khusus telah dipenuhi.

"Kami telah melakukan verifikasi sesuai dengan petunjuk teknis, berkas pak Agil Rumakat itu telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dalam petunjuk teknis partai," ungkapnya.

Secara terpisah, Ketua DPC Partai NasDem SBT Jasali Keliwar mengungkapkan, sejak dibuka pendaftaran pada 1 Mei 2024, ada lima Balon Bupati yang mengambil formulir pendaftaran di Partai NasDem.

Keliwar membeberkan, kelima Balon Bupati itu yakni Wakil Ketua DPRD SBT Agil Rumakat, Mantan Wakil Bupati SBT Fachri Husni Alkatiri, Mantan Anggota DPR-RI Rohani Vanath, Asisten Pembangunan Perekonomian dan Kesra Kabupaten Tambrau Abdul Malik Kastella dan Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur.

Kendati demikian, sampai hari keenam ini, baru Ketua DPD Partai Golkar SBT Agil Rumakat yang datang melakukan pengembalian di partai besutan Surya Paloh itu.

"Yang pengambilan formulir itu tentunya yang pertama adalah pak Agil Rumakat, kemudian pak Fachri Husni Alkatiri, ibu Rohani Vanath, pak Malik Kastella dan pak Idris Rumalutur. Pengembaliannya hari ini baru pertama kal dilakukan oleh pak Agil Rumakat," ungkap Jasali Keliwar.

Anggota DPRD SBT terpilih ini menerangkan, sesuai tahapan yang dimulai pada 1 Mei 2024, besok adalah batas akhir pendaftaran di Partai NasDem.

Untuk itu, dia menegaskan, pada hari Selasa besok, samua Balon Bupati yang mengambil formulir di Partai NasDem harus segera melakukan pengembalian.

"Sesuai tahapan kita mulai tanggal 1 dan penutupan tanggal 7. Jadi tanggal 7 itu sudah harus pengembalian berkas formulir. Kalau untuk perpanjangan, kita ini pasti ada juknis, ada juga pasti arahan atau intruksi dari DPP. Jadi kita domainnya itu mengacu pada Juknis," terangnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi