BERITABETA.COM, Bula — Upaya Bakal Calon (Balon) Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Idris Rumalutur untuk merebut formulir B1-KWK Partai Golongan Karya (Golkar) dari Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar SBT, Agil Rumakat gagal total.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar lebih memilih menjagokan kader terbaiknya Agil Rumakat bersama salah satu tokoh adat SBT, Enver Abdullah R. Wattimena untuk maju sebagai Balon Bupati-Wakil Bupati di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) SBT 2024 dengan mempertahankan surat rekomendasi dan memberikan formulir B1-KWK.

Sekretaris DPD Partai Golkar Maluku, Abner James Timisela saat dihubungi wartawan dari Kota Bula, Selasa (27/8/2024) menerangkan, formulir B1-KWK Partai Golkar ini diserahkan di Kantor DPP Golkar di Jakarta pada Senin malam.

Timisela mengungkapkan, rekomendasi tersebut diserahkan oleh DPP Golkar kepada pimpinan DPD Golkar Maluku untuk selanjutnya diserahkan kepada Balon Bupati SBT, Agil Rumakat yang juga sebagai Ketua DPD Golkar SBT.

"B1-KWK Parpol ini diberikan dari DPP kepada pimpinan DPD Provinsi (Maluku), kemudian kami memberikan kepada saudara Agil Rumakat sebagai Ketua DPD Golkar SBT untuk maju sebagai calon bupati SBT," ungkap Abner James Timisela.

Formulir B1-KWK Partai Golkar kepada Balon Bupati dan Wakil Bupati SBT, Agil Rumakat-Enver Abdullah R. Wattimena (foto : Istimewa)
Formulir B1-KWK Partai Golkar kepada Balon Bupati dan Wakil Bupati SBT, Agil Rumakat-Enver Abdullah R. Wattimena (foto : Istimewa)


Dia mengaku, pasca penyerahan, formulir B1-KWK ini mengalami sedikit kesalahan teknis pada penulisan kabupaten, namun sesaat sesudah itu langsung dilakukan perbaikan pada formulir tersebut.

"Ada kesalahan penulisan sedikit, tapi sudah diperbaiki," akuinya.

Ia membeberkan, di Pilkada SBT ini golkar lebih memprioritaskan kadernya untuk diusung sebagai Balon bupati.

Apalagi kata dia, Agil Rumakat sebagai pimpinan partai di tingkat kabupaten yang selama ini punya kontribusi yang sangat besar terhadap partai berlambang pohon beringin itu, sehingga dia pantas diberi penghargaan melalui rekomendasi untuk bertarung di Pilkada SBT.

"Golkar mendahulukan kadernya. Apalagi Agil sebagai Ketua DPD Golkar itu punya kontribusi yang tidak kecil untuk Golkar. Karena itu, Golkar harus memberikan penghargaan kepada kader terbaiknya untuk maju pada kontenstasi Pilkada di SBT," bebernya.

James menegaskan, pasca rekomendasi Golkar diberikan kepada Agil Rumakat-Enver Abdullah R. Wattimena, seluruh pengurus, kader dan anggota partai berkewajiban untuk mengamankan seluruh kebijakan yang diputuskan.

Jika ada yang coba-coba untuk melawan perintah partai tambah dia, yang bersangkutan akan diberikan tindakan dan sanksi tegas.

"Ketika pimpinan partai telah mengutuskan rekomendasi atau memberikan kewenangan dan kepercayaan kepada Agil sebagai calon bupati SBT, seluruh pengurus, kader dan anggota partai berkewajiban mengamankan seluruh kebijakan yang telah diputuskan. Kalau ada yang coba-coba untuk membangkang, coba-coba untuk tidak memberikan dukungan, pasti akan diberikan tindakan dan sanksi tegas," tegasnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi