BERITABETA.COM, Bula — Hari pertama pembukaan pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) masih sepi pendaftar.

Ketua Komisi Umum (KPU) SBT, Syahrifudin Faud saat ditemui wartawan di Aula Kantor KPU SBT, Selasa (27/8/2024) mengungkapkan, sejak pagi tadi KPU setempat telah menggelar rapat pleno pembukaan pendaftaran Balon Bupati-Wabup SBT.

Syahrifudin mengaku, hingga pukul 16.00 WIT berdasarkan batas waktu penutupan hari pertama ini, belum ada Paslon yang datang melakukan proses pendaftaran.

"Tadi pendaftaran telah kami buka, tanggal 27 Agustus 2024 sampai jam 16.00 WIT belum ada pasangan Bakal Calon yang melakukan konfirmasi untuk melakukan pendftaran," ungkap Syahrifudin Faud.

Ia membeberkan, pada Technical Meeting yang digelar pada Senin kemarin di Aula KPU SBT, sudah ada tiga Paslon yang mengkonfirmasi jadwal pendaftaran, namun mereka tidak menentukan jadwalnya pada hari pertama ini.

"Pada saat Technical Meeting kemarin sudah ada tiga Paslon yang mengkonfirmasi jadwal pendftaran, tetapi jadwalnya bukan dilaksanakan di 27 (hari ini)," bebernya.

Dia menandaskan, berdasarkan konfirmasi pada Technical Meeting kemarin, Paslon Fachri Husni Alkatiri-Mohammad Mifta Thoha Rumarey Wattimena (Vitho) akan mendaftar pada hari Rabu besok pukul 15.00 WIT.

Untuk Paslon Abdul Malik Kastella-Arobi Kelian dan Rohani Vanath-Madja Rumatiga memilih tanggal 29 Agustus 2024 atau hari terakhir untuk mendaftar. Rohani-Madja akan mendaftar pada pukul 16.00 WIT, Malik-Arobi belum menentukan jamnya.

Sementara Paslon lainnya belum ada konfirmasi soal kepastian tanggal dan jam pendaftaran.

"Pasangan Fachri Alkatiri-Vitho Wattimena itu tanggal 28 jam 3. Kemudian paslon Abdul Malik Kastella-Arobi Kelian itu tanggal 29 tapi jamnya belum dikonfirmasi. Selanjutnya ibu Rohani Vanath-Madja Rumatiga itu tanggal 29 jam 4 sore. Kalau paslon yang lain belum ada konfirmasi kepastian tanggal pendaftaran," pungkasnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi