BERITABETA.COM, Ambon – Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) di jalur independen, Rohani Vanath – Muhammad Ramli Mahu (Nina Ramah) secara resmi mengumumkan hasil hitung cepat dan mengakui kemenangan yang diraih paslon incumbent Abdul Mukti Keliobas – Idris Rumalur (Adil).

Lewat siaran langsung di media sosial Facebook, Rabu (9/12/2020), Ketua Tim Kreatif  Nina Ramah Risky Damarwulan menyampaikan hasil hitung cepat yang dilakukan tim Nina Ramah.

Tim Nina Ramah secara legowo mengakui kemenangan Paslon Adil di Pilkada 2020 dengan perolehan suara sementara yang terpaut jauh di kisaran 4 persen lebih.

Dalam kesempatan itu, Risky menyampaikan, sesuai hitung cepat yang dilakukan tim berdasarkan suplay data perolehan suara yang masuk di 15 kecematan hasilnya menyebutkan, angka partisipasi pemilih di Pilkada SBT hanya mencapai 54 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 92 ribu lebih.

“Partisiapasi pemilih di Pilkada 2020 ini merosot cukup tajam hanya mencapai angka 54 persen (55 ribu), sesuai data yang kami olah,” urai Risky.

Dari jumlah partisipasi ini, lanjutnya, hasil perolehan suara yang berhasil direkap oleh Tim Kreatif Paslon Nina Ramah di 15 kecamatan telah mencapai angka sebanyak 48,36 persen atau sebanyak 46.580 suara.

Hasil dari suara masuk ini diperoleh Paslon Nomor 3 Nina Ramah sebesar 13,93 persen, Paslon Faham sebesar 15, 05 persen dan Paslon Adil sebesar 19.38 persen.

Dengan demikian, tambah Risky, hampir dipastikan perolehan suara dari Paslon Adil ini sudah tidak bisa terkejar lagi.

“Kami dari Paslon Nina Ramah dapat memastikan hasil ini sudah tidak bisa berubah, kalau pun berubah hanya bergeser saja angkanya, namun kemenangan Adil sudah tidak bisa terkejar lagi,” tutur Risky.

Panyampaian hasil hitung cepat Tim Nina Ramah ini juga dihadiri oleh Paslon Nina Ramah dan sejumlah tim termasuk mentor tim Nina Ramah, Abdullah Vanath.

Dalam kesempatan itu, Rohani Vanath ikut menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua tim di 15 kecamatan yang sampai mala mini masih bekerja mengumpulkan data C1 KWK sebagai bukti dari hasil Pilkada 2020 yang baru saja usai.

“Ini sangat luar biasa. Tim Nina Ramah kerjanya sangat luar biasa. Baik relawan, pendukung dan tokoh-tokoh perempuan semua bekerja luar biasa. Kita mampu membuat sejarah baru di Pilkada SBT dengan tampil di jalur independent,” ungkap Rohani Vanath.

Rohani dalam kesempatan itu juga meminta semua tim dan pendukung untuk tetap menjaga ketertiban dan keamanan pasca Pilkada SBT ini. Ia juga meminta agar semuanya untuk tetap bersatu dengan tetap menjalin silaturahim antar sesama.

“Pintu saya selalu terbuka, bagi siapa saja yang ingin bertemu, saya selalu ada bersama suami saya. Jika saya taka da di rumah, mungkin saya berada di kebun pala,” himbaunya (BB-DIO)