BERITABETA.COM, Bula — Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) resmi merekomendasikan Rohani Vanath-Madja Rumatiga sebagai Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pada 27 November 2024.

Sementara itu, Partai Golongan Karya (Golkar) juga telah merekomendasikan salah satu kader terbaiknya yang juga sebagai Ketua DPD Partai Golkar SBT, Agil Rumakat untuk berpasangan dengan salah satu tokoh adat SBT, Abdullah Enver R. Wattimena.

Bakal Calon (Balon) Bupati SBT, Hj. Rohani Vanath saat dikonfirmasi beritabeta.com melalui panggilan WhatsApp, Rabu (31/7/2024) malam menerangkan, pada pukul 17.00 WIT sore tadi, Balon Wakil Bupati SBT Madja Rumatiga telah menerima rekomendasi Partai Gerindra yang diberikan kepada pasangan INA-AMA.

Rohani mengungkapkan, rekomendasi itu diserahkan oleh Ketua DPD Partai Gerindra Maluku, Hendrik Lewerissa di Swiss-Belhotel Ambon di Jl. Benteng Kapaha No.88, Uritetu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

"Alhamdulillah tadi dengan resmi Ketua DPD Partai Gerindra, pak Hendrik Lewerissa sudah menyerahkan rekomendasi Gerindra kepada pasangan INA-AMA. Wakil yang menerima di Ambon, tempatnya di Swiss-Belhotel pada jam 5 sore," ungkap Rohani Vanath.

Istri Mantan Bupati SBT dua periode, Abdullah Vanath itu membeberkan, dari koalisi Partai Nasional Demokrat (NasDem)-Gerindra ini, pasangan INA-AMA sudah memenuhi syarat untuk maju di Pilkada SBT.

Ia merincikan, Partai NasDem dengan keterwakilan tiga kursi di DPRD setempat ditambah Partai Gerindra dengan dua kursi, mereka sudah terpenuhi syarat minimum lima kursi.

"Alhamdulillah dari koalisi NasDem-Gerindra sudah memenuhi syarat untuk maju Pilkada, terpenuhi lima kursi," bebernya.

Dia mengaku, selain NasDem dan Gerindra, sejauh ini dia juga berproses di Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kendati demikian, dia belum bisa memastikan rekomendasi PPP dan PKN kepada mereka, namun untuk PKB, dia sudah tidak lagi menaruh harapan di partai besutan Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) itu.

"Untuk partai yang lain itu belum tahu apa menyusul atau tidak. Karena saya berproses di PPP. PPP konon masih tarik ulur, terus dengan PKN juga. PKN Insha Allah menyusul. Terus PKB, saya berproses dengan PKB tapi saya sudah tidak berharap lagi dengan PKB," akuinya.

Mantan Anggota DPR-RI ini menegaskan, kalaupun nantinya rekomendasi PPP dan PKN akan diberikan kepada Paslon INA-AMA patut disyukuri, namun bila tidak merekomendasikan juga tidak ada masalah, sebab NasDem dan Gerindra sudah memenuhi persyaratan calon

"PPP dan PKN Insha Allah masih ada harapan. Kalau toh diberikan kepada pasangan INA-AMA ya syukur Alhamdulillah. Kalau pun juga tidak ada masalah, karena Gerindra-NasDem sudah memenuhi persyaratan," tegasnya.

Sementara itu, Balon Bupati SBT, Agil Rumakat yang dihubungi secara terpisah mengungkapkan, sekitar pukul 19.00 WIB, rekomendasi Partai Golkar secara resmi diserahkan kepada dia dan pasangan calon wakil bupati Abdullah Enver R. Wattimena untuk bertarung di Pilkada SBT.

"Tadi sekitar jam 19.00 (jam 7 malam waktu Jakarta) itu sudah diserahkan rekomendasi calon kepala daerah Kabupaten SBT dari Partai Golkar ke saya dan pak Enver Wattimena," ungkap Agil Rumakat.

Ketua DPD Partai Golkar SBT ini membeberkan, rekomendasi yang ditandatangi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Sekretaris Jenderal Lodewijk F. Paulus itu diserahkan oleh Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Ahmad Doli Kurnia Tandjung didampingi Korwil Maluku Hamzah Sangadji di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta.

"Rekomendasi yang ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal tertanggal 27 Juli 2024 dengan nomor rekomendasi itu 777. Yang menyerahkan itu pak Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu pak Ahmad Doli Kurnia Tandjung didampingi oleh Korwil Maluku pak Hamza Sangadji. Lokasinya di Kantor Pusat DPP Partai Golkar," bebernya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi