BERITABETA.COM, Bula — Pasangan Bakal Calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath resmi mendaftar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku pada Rabu 28 Agustus 2024.

Sehari sesudah pendaftaran, Balon Wakil Gubernur (Wagub) Maluku itu berangkat ke Kota Bula mendapingi istrinya Rohani Vanath bersama Madja Rumatiga untuk mendaftar sebagai Balon Bupati dan Wakil Bupati SBT di Kantor KPU setempat, Kamis (29/8/2024).

Balon Wagub Maluku, Abdullah Vanath memulai star awal dengan memanfaatkan panggung orasi pasangan Rohani Vanath-Madja Rumatiga (INA-AMA) di depan kantor KPU SBT dengan menyampaikan keikutsertaannya mendampingi Hendrik Lewerissa di Pilkada Maluku.

Vanath mengungkapkan, pada hari Rabu, tepat pada pukul 10.30 WIT, pasangan Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath telah mendaftar di KPU Maluku dan dinyatakan lolos sebagai Balon gubernur dan wakil gubernur Maluku.

"Saya menyampaikan kepada kalian semua, saya dan Hendrik Lewerissa telah mendaftar di KPU Provinsi Maluku kemarin (Rabu) jam 10.30 dan dinyatakan lolos sebagai Balon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku," ungkap Abdullah Vanath.

Dalam kesempatan yang dihadiri ribuan pendukung dan simpatisan itu, dia juga mensosialisasikan tentang pasangan Rohani Vanath-Madja Rumatiga yang didukung Partai Gerindra dan Partai NasDem di Pilkada SBT.

Dia membeberkan, di saat Madja Rumatiga diragukan kualitasnnya oleh banyak orang, di saat Madja Rumatiga diragukan elektabilitasnya oleh sebagian besar politisi, dia memutuskan untuk memilih politisi Partai Gerindra itu mendampingi istrinya Rohani Vanath.

Mantan Bupati SBT dua periode ini berdalih, bukan sosok Madja Rumatiga yang menjadi alasannya, namun dengan memilih Madja Rumatiga, di situ ada Partai Gerindra dan Hendrik Lewerissa yang memiliki akses langsung dengan Presiden Republik Indonesia terpilih Prabowo Subianto.

"Bukan Madja Rumatiganya yang saya lihat, Madja Rumatiga, di situ ada Gerindra dan Gerindra, di situ ada Hendrik Lewerissa. Di mana Hendrik Lewerissa itu memiliki akses langsung dengan Prabowo Subianto presiden terpilih. Itulah jalan tol yang saya rancang, agar dalam waktu yang relatif singkat SBT bisa kita pulihkan kembali," bebernya.

Mantan Ketua DPD Partai Demokrat Maluku itu berimajinasi dan bermimpi, jika pasangan Rohani Vanath-Madja Rumatiga terpilih menjadi bupati dan wakil bupati SBT.

Begitu juga kata dia, jika Tuhan berkenaan pasangan Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Maluku pada Pilkada yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.

"Saya percaya Provinsi Maluku, saya percaya Kabupaten SBT membutuhkan perlakukan khusus dari pemerintah pusat melalui kepemimpinan Prabowo Subianto sebagai presiden Republik Indonesia. Dan jalur itu tidak berada pada kandidat lain saudara-saudara. Itu adalah milik Rohani Vanath dan Madja Rumatiga," pungkasnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi