BERITABETA.COM, Ambon – Sprinter asal Maluku, Alvin Tehupeiory yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2021 mewakili Indonesia di lomba lari 100 meter disambut Gubernur Maluku saat tiba di Kota Ambon.

Alvin diterima Gubernur Maluku, Murad Ismail, data didampingi dua pengurus KONI Maluku, Agus Lomo dan Yan Haumase di ruang kerjanya, Sabtu (14/8/2021).

Dalam pertemuan itu, Gubernur Maluku Murad Ismail mengaku bangga atas tampilnya Alvin di  Olimpiade Tokyo 2021.

“Saya ikut bangga karena Alvin bukan saja membawa nama Indonesia di pentas olahraga dunia, tapi juga Maluku,” katanya.

Gubernur berharap, prestasi Avin dapat menginspirasi generasi muda Maluku yang ingin berprestasi di jalur olahraga.

Alvin sendiri adalah pemegang rekor nasional lari 200 meter dengan waktu 23,76 detik saat berlaga di Kejuaraan Nasional 2019 di Cibinong, Bogor.

“Prestasi yang diraih Alvin bisa jadi motivasi bagi atlet-atlet lainnya,” ujar Murad Ismail.

Menurutnya, sebagai kepala daerah, dirinya  berkomitmen untuk mendukung semua atlet Maluku yang punya prestasi di bidang olahraga, baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

Murad juga berpesan, agar motivasi atlet untuk berprestasi jangan semata-mata karena ingin mengejar bonus.

“Saya harap atlet-atlet kita terus disiplin berlatih, harus bisa meraih prestasi, tapi juga harus punya integritas. Bagi atlet berprestasi yang ingin masuk TNI/Polri atau ingin bekerja di tempat lainnya, saya akan bantu. Mereka harus dibantu karena sudah mengharumkan nama daerah,” janji Murad.

Ia mengaku, sejak masih menjabat sebagai Kapolda dan Komandan Koprs Brimob Polri, dirinya sudah memberikan perhatian pada para atlet Maluku.

“Saat Alvin juara di PON Jawa Barat mewakili Maluku, saya juga berikan bonus ke dia dan beberapa atlet lainnya, saat itu saya masih Dankor Brimob, apalagi saat ini saya adalah Gubernur,” tandasnya.

Alvin Tehupeiory merupakan salah satu atlet kebanggaan Maluku yang kini berkiprah sebagai prajurit Korps Wanita TNI AD (Kowad) Kodam XVI/Pattimura. Sprinter Maluku ini memiliki spesialis di nomor lari gawang 400 meter putri.

“Sepulang dari Tokyo, Alvin akan langsung masuk Pelatda Maluku untuk persiapan mengikuti PON 2021 di Papua nanti,” kata Ketua Harian KONI Maluku, Agus Lomo.

Sprinter Indonesia asal Maluku itu tiba di Bandara Internasional Pattimura, Ambon, Maluku, Sabtu (14/8/2021) pagi. Dara manis berusia 26 tahun itu disambut meriah Kadispora Maluku, Ketua Harian KONI Maluku Agust Lomo, Ketua Satgas PON XX Maluku Yan Heumasse dan perwakilan Korem 152/Binaiya Kodam XVI/Pattimura.

Sekalipun belum sukses meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar 23 Juli 2021 hingga 8 Agustus 2021, namun Alvin menjadi ikon milenial Maluku untuk menggandrungi olahraga.

Melalui olahraga Alvin telah mengangkat Indonesia, Maluku dan Kodam XVI/Pattimura di multievent olahraga internasional tersebut.

KONI Maluku juga memberikan motivasi bagi Alvin dan atlet-atlet lainnya yang akan turun berlaga di PON XX.

Alvin kepada media ini menyatakan tekad mempersembahkan yang terbaik bagi Maluku di PON Papua (*)

Pewarta : Febby Sahupala