BERITABETA.COM, AmbonKantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ambon menggelar vaksinasi massal bagi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) dan masyarakat sekitar pelabuhan.

Kegiatan vaksinasi itu berlangsung di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Sabtu (14/8/2021) itu melibatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Ambon, Pelni, Polda Maluku, Asosiasi Buruh, Pelindo, Pengusaha Pelayaran dan Koperasi.

Ketua Panitia Pelaksanaan Vaksinasi Massal, Abdi Sabda mengatakan vaksinasi dilaksanakan untuk membantu pemerintah, sebab KSOP kata dia menjadi simpul bergeraknya masyarakat.

Abdi membeberkan, sasaran vaksinasi itu dilakukan bagi TKBM dan masyarakat sekitar pelabuhan. Pelaksanaannya selama dua hari, yakni sejak 14 Agustus - 15 Agustus 2021.

"Untuk vaksin hari ini, kita targetkan 250 - 300 orang yang divaksin. Begitu pun besok juga 250 orang sehingga totalnya 500. Namun ada juga masyarskat yg datang hari ini jumlahnya akan mencapai total hari ini sampai kami targetkan perkirakan 600 orang," ungkap Abdi Sabda

Sebagai bagian dari kepedulian kepada masyarakat, dia mengaku KSOP telah menyiapkan 1.000 paket sembako, 1.000 masker dan 1.000 hand sanitizer untuk dibagikan kepada 600 orang

"Nanti sisanya akan dilaksanakan pada periode kedua yang akan kami laksanakan dalam waktu dekat ini" bebernya.

Dikatakan, jenis vaksin yang digunakan itu yakni vaksin Sinovac dan vaksin AstraZeneca, masing-masing akan diberikan kepada penerima vaksin dosis pertama dan dosis kedua.

"Disini ada dua vaksin yaitu vaksin sinovac diperuntukan kepada masyarakat yang belum divaksin, sedangkan AstraZeneca kepada masyarakat yang sudah vaksin dosis pertama dan kini menerima dosis kedua," katanya (*)

Pewarta : Febby Sahupala