BERITABETA.COM, Bula — Ratusan warga di Kota Bula Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku, Sabtu (24/7/2021) berbondong-bondong mendatangi Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan SBT untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

Kegiatan vaksinasi massal yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT ini digelar dengan melibatkan Polres SBT dan Koramil Bula.

Salah satu masyarakat Kota Bula, Anter yang ditemui di halaman gedung Serbaguna Dinas Kesehatan SBT saat menunggu antrian mengungkapkan mengikuti program vaksinasi itu secara tepaksa.

Anter mengaku, dia mengikuti vaksinasi bukan untuk membentuk kekebalan tubuh. Namun untuk memperoleh sertivikat vaksin, guna mempermudah perjalanan ke luar Kota Bula.

"Sebenarnya terpaksa mengikuti, tujuannya hanya untuk bisa dapat sertivikat vaksin agar berangkat ke luar daerah tidak sulit" kata Anter.

Hal yang sama juga diungkapkan warga lainnnya bernama Yanti. Dia mengaku mengikuti vaksinasi untuk mendapatkan sertifikat vaksinasi Covid-19.

"Datang vaksinasi untuk dapat sertifikat vaksin" kata Anti menjawab pertanyaan wartawan beritabeta.com.

Pantauan beritabeta.com di Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan SBT Kota Bula, terlihat ratusan warga dan pegawai mengikuti vaksinasi tahap satu maupun tahap dua.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 dipantau langsung Plt Kepala Dinas Kesehatan SBT Samun Rumakabis, Kepala Dinas Kominfo SBT M. Syukur Kilwarany, Kapolres SBT Andre Sukendar, Koramil Bula Lucky Pattimura.

Capaian Vaksinasi di Maluku

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku dr Adonia Rerung  mengungkapkan, hingga saat ini capaian Vaksinasi Covid-19 di Maluku secara kumulatif baru mencapai 9 persen dari total 1,3 juta warga yang harus divaksinasi.