BERITABETA.COM, Saparua – Ratusan pelajar mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kecamatan Saparua dan Kecamatan Haruku, mengikuti Heka Leka Run yang diselenggarakan Yayasan Heka Leka bekerjasama dengan Sportify Indonesia, serta Kementrian Pemuda dan Olahraga RI.

Heka Leka Run, dibuka secara langsung oleh Deputi 3 Pembudayan Pemuda Kemenpora RI Komjen (purn), Drs Rudy Sufahriadi, Sabtu (3/5/2024) yang dipusatkan di Lapangan Bola Saparua.

Kendati kondisi lintasan tidak sesuai standart, namun tidak mengurangi semangat para pelajar untuk berlomba.

Deputi 3 Pembudayan Pemuda Kemenpora RI Komjen (purn), Drs Rudy Sufahriadi, sebelum melepas peserta lari tingkat SMA berharap Saparua bisa melahirkan atlet atletik yang handal, yang dapat mengharumkan Saparua di tingkat nasional maupun internasional.

Deputi 3 Pembudayan Pemuda Kemenpora RI Komjen (purn), Drs Rudy Sufahriadi, dalam diskusi terbatas meminta peran serta Dinas Pemuda dan Olaharaga baik tingkat kabupaten maupun provinsi untuk memperbaiki lintasan lari di lapangan Saparua sehingga bisa memenuhi standart untuk anak-anak berlatih.

Pada kesempatan itu juga Kadis Pemuda dan Olahraga Maluku Tengah, Sukri mengaku apa yang diarahkan oleh Deputi 3 Pembudayan Pemuda Kemenpora RI akan ditindaklanjuti ke Pj Bupati Maluku Tengah.

“Yang pasti kami sudah melihat kondisi di lapangan selanjutkan kami akan laporkan kepada pimpinan untuk mengambil langkah-langkah sesuai kebutuhan. Sehingga anak-anak bisa mengembangkan bakat dan prestasi mereka tanpa terkendala sarana prasarana,”kata Sukri.

Hal senada disampaikan Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Sandi Wattimena, bahwa apa yang disampaikan Deputi 3 akan diakomodir untuk ditindaklanjuti.

Sementara itu, Direktur Sportify Indonesia Dirk Tuapattinaya mengaku siap mensupport kegiatan olahraga di Saparua.

“Walaupun kami domisili di Jakarta, tetapi kami siap apa yang bisa kami kerjakan untuk Saparua. Kami siap pa Deputi,”kata Dirk.