BERITABETA.COM, Ambon – Kontingen Maluku yang ikut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada 2-15 Oktober 2021 sebanyak 68 orang. Yaitu 42 atlet didampingi 26 pelatih dan teknisi. Mereka dilepas oleh Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail secara virtual dari Jakarta, Sabtu (04/09/2021).

Para atlet, pelatih dan teknisi yang ikut acara pelepasan di lantai VII kantor Gubernur Maluku, Jalan Pattimura No.1 Kecamatan Sirimau Kota Ambon, dengan menerapkan protkol kesehatan.

Acara pelepasan turut dihadiri Wakil Gubernur Barnabas Nathaniel Orno, Pelaksana Harian Sekda Sadli Ie, Ketua KONI Maluku Tony Pariela, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Sandi Wattimena.

Para atlet Maluku akan bertaurng di 14 cabang olahraga atau cabor dari total 37 cabor yang diperlombakan.

Adapaun 14 cabor yang diikuti atlet Maluku di PON XX Papua yaitu; Atletik, Tinju, Taekwondo, Catur, Dayung, Anggar, Kempo, Balap Motor, Selam, Muaythai, Karate, Panjat Tebing, Layar dan Wushu.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya merasa kagum dengan para atlet Maluku yang berprestasi sehingga bisa terpilih (lolos) mengikuti PON XX di Provinsi Papua.

Gubernur optimis, dengan modal dan potensi yang telah dimiliki tersebut, para atlet Maluku bisa meraih kesuksesan di even empat tahunan tersebut.

Ia juga yakin atlet Maluku juga bisa mencapai target seperti yang sudah (ditergetkan) oleh Komite Olahraga Nasional atau KONI Provinsi Maluku.

Adapun target KONI Maluku di PON XX Papua atlet Maluku bisa sabet 8 medali emas, 14 medali perak, dan 13 medali perunggu.

"PON ke XX di Papua sangat penting dan strategis. Momentum ini menjadi ajang perjumpaan para anak bangsa, untuk saling berbagi pengalaman. Saudara-saudara (atlet) sekalian adalah putra-putri terbaik yang mewakili Maluku," ujar Gubernur.