BERITABETA.COM, Ambon -Ketua Harian KONI Provinsi Maluku, Mustafa Kamal  berharap latihan maksimal yang dilakukan setiap cabor nantinya dapat menambah jumlah atlet yang akan mengantongi tiket menuju PON XXI/2024 di Aceh-Sumut.

"Dari 22 cabang olahraga (cabor) yang dipersiapkan KONI Maluku, tujuh cabor diantaranya telah mengikuti pra kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI. Kemudian dari hasil pra kualifikasi PON, beberapa cabor telah mengantongi tiket menuju PON Aceh dan Sumatera Utara yakni cabor selam 3 atlet, tinju 4 atlet, dan hapkido 1 atlet,"kata Mustafa kepada wartawan di Kantor KONI Maluku, Senin (7/8/23).

Mustafa menjelaskan saat Pra PON Papua, cabor selam hanya 1 atlet yang lolos sedangkan Pra PON Aceh-Sumut 3 atlet lolos. Cabor tinju, Pra PON Papua dan Pra PON Aceh-Sumut itu 4 atlet yang lolos. Namun untuk tinju masih ada satu kali pertandingan lagi di NTT dan ditargetkan akan ada 3 atlet yang akan lolos.

"Jadi KONI menargetkan tinju kantongi 7 tiket PON. Atletik di Pra PON Papua 7 atlet lolos, sedangkan Pra PON Aceh-Sumut belum ada atlet yang lolos, namun masih ada satu pertandingan lagi di Bandung, Jawa Barat,” kata Mustafa.

Ia menambahkan, cabor lainnya ada balap motor, tidak ada atlet lolos, dan hapkido 1 atlet lolos, di Pra PON Papua cabor hapkido masuk dalam cabor eksebisi. Catur tidak ada yang lolos. Sedangkan cabor menembak masih dalam pertandingan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Maluku, Arif Hentihu mengatakan di bulan Agustus 2023 ini beberapa cabor yang juga mengikuti Pra PON XXI yakni cabor muaythai dan kempo di Surabaya, dan cabor karate di Kalimantan Selatan.

"Kami selalu memantau perkembangan latihan dari setiap cabor, termasuk kempo yang lokasi latihannya di Negeri Rutong," kata Hentihu.

Hentihu menambahkan semua cabor selalu melakukan koordinasi dengan KONI Maluku. Kalaupun ada benturan, pasti diselesaikan dalam rapat atau pertemuan (*)

Pewarta: Febby Sahupala