BERITABETA.COM, Ambon - Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, menyerahkan piagam penghargaan dan bonus kepada para atlet dan pelatih yang berprestasi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpic Nasional (PEPARNAS) XVI Papua Tahun 2021.

Kegiatan ini dirangkai dalam acara syukuran yang berlangsung di lantai tujuh Kantor Gubernur, Jumat (3/12/2021).     

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya menyampaikan, prestasi yang diraih para atlet merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan. Acara ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan yang tinggi dari pemerintah dan masyarakat Maluku kepada pahlawan olahraga (Atlet dan pelatih) yang telah mengharumkan nama daerah.

“Demi Allah saya terharu, dengan jumlah atlet yang luar biasa sedikit, tapi bisa memberikan nama harum Maluku. Di sisa hidup, saya ingin ada sesuatu yang saya buat buat Maluku secara keseluruhan dan ada manfaat yang bisa saya buat untuk daerah ini. Juga Maluku bisa bersaing dengan provinsi lain. Hanya itu, tidak ada yang lain,” ungkap Murad Ismail.

Murad juga mengucapkan selamat kepada para peraih medali emas, perak dan perunggu. Ia menginginkan, nantinya di PON ke-21 dan Peparnas ke-17 yang diselenggarakan di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, prestasi atlit Maluku bisa jauh lebih baik.

“Kepada pelatih-pelatih tolong direkrut lagi anak-anak kita. Luar biasa sebenarnya,” ujar Gubernur.

Ia  berharap, pembagian bonus ini memberikan semangat dan motivasi, sehingga para atlit dan pelatih akan berjuang lebih keras lagi kedepannya, demi prestasi yang lebih tinggi dan membanggakan untuk Maluku.

“Pembinaan para atlet pun harus ditingkatkan. Jangan sia-siakan waktu. Kita mulai dari sekarang. Tak ada waktu untuk bermalas-malasan. Ayo terus berlatih karena jalan masih panjang,” harapnya.

Gubernur juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada KONI, Nasional Paralimpik Komite, pimpinan kontingen Pengurus Cabang Olahraga, para pelatih, official serta para atlit atas kesuksesan prestasi yang diperoleh pada PON XX dan Peparnas XVI Papua.

Dalam acara ini tiga atlet PON XX Papua menerima bonus dari Guberur Maluku secara simbolis. Mereka  adalah Alvin Tehupeiory dari cabang olahraga Atletik, peraih medali emas, menerima bonus senilai Rp. 200 juta.