BERITABETA.COM, Ambon – Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024,  telah memasuki hari terakhir pada Jumat, 20 September 2024. Klasmen perolehan medali di ajang bergangsi itu pun sudah terlihat nyata. Perolehan medali masih terus membanjiri masing-masing provinsi.

Hingga pukul 13.00 WIB, kontigen Jawa Barat (Jabar) masih memimpin, klasemen perolehan medali PON XXI Aceh-Sumut 2024. Jabar sukses mengantongi jumlah medali sebanyak 538 dengan rincian 195 emas, 161 perak, dan 182 perunggu.

Disusul oleh DKI Jakarta diposisi kedua klasemen medali PON 2024 dengan memperoleh 477 medali.

Lantas bagaiaman dengan kontingen Maluku?

Up date hari terakhir menunjukan dari 54 atlet dan 28 pelatih mengikuti 13 cabang olahraga, kontengan Maluku hanya bisa meraup  sebanyak 13 medali dengan rincian 2 emas, 3 perak, 8 perunggu.

Dua medali emas yang diraih kontingen Maluku berasal dari cabang olahraga dayung dan tinju. Sedangkan  medali perak dari dayung dan muaythai, serta medali perunggu dari dayung, atletik, kempo, kick boxing dan selam. Perolehan ini sekaligus menempatkan Maluku berada di posisi ke-31.

Prestasi yang diraih kontingen Maluku,  tentunya berbeda jauh dengan torehan yang pernah dicapai pada PON XX 2021 di Papua. Saat itu kontingen Maluku menduduki peringkat 21 dengan total perolehan sebanyak 15 medali. Terdiri dari 5 medali emas, 4 perak, 6 perunggu.

Meski demikian, Sekretaris Umum KONI Maluku Roy Mongie menyampaikan apresiasi kepada para atlet, pelatih, dan official yang telah bekerja keras dan berjuang demi nama baik dan kehormatan Maluku.

"Kita bersyukur hari ini ada penambahan medali emas dari cabang olahraga tinju. Ini juga menjadi salah satu kebanggaan bagi masyarakat Maluku. Terima kasih untuk doa dan supportnya kepada para atlet sehingga mereka mampu menampilkan yang terbaik," ujar Roy Mongie dikutip dari RRI.