BERITABETA.COM, Ambon  - Kontingen Maluku yang dikirim mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON)  XXI Aceh-Sumut 2024, baru meraih sebanyak enam medali dari beberapa cabang olahraga.

Salah satu medali emas yang sukses disabet ada pada cabang olahraga dayung.    

Medali emas ini diraih pedayung Rusdy Ely-Arni Pattipeiluhu lewat kategori Rowing Beach Sprint (RBS) atau dayung laut pada nomor RBS Coastal Mixed Double (CM1X2X) di Aceh.

Ketua Harian KONI Maluku Mustafa Kamal kepada media ini mengaku torehan medali emas  ini menjadi pertama yang sukses diukur kontingen Maluku.

"Iya benar, kontingen Maluku baru meraih medali emas pertama dalam ajang PON XXI 2024 di Aceh Sumatera Utara (Sumut) dari dayung," kata Mustafa, Rabu (18/9/2024).

Pedayung Rusdy-Arni meraih medali emas setelah unggul atas dua pasangan masing-masing dari Sulawesi Selatan pada urutan kedua dan Jakarta yang harus puas berada di urutan ketiga.

Mustafa mengaku, selama lebih dari sepekan perhelatan PON Aceh-Sumut, banyak atlet Maluku yang berguguran di nomor perorangan. Beberapa dari mereka hanya meraih perak dan perunggu.

“Jadi keberhasilan kedua atlet ini kita harapkan bisa menjadi pemicu bagi atlet lainnya di sisa pertandingan di cabor lainnya,” beber dia.

Mustafa merinci sebelumnya, cabang dayung Maluku juga menyumbangkan medali perak dan perunggu dari katagori atau kelas yang berbeda.