BERITABETA.COM – Seorang nenek asal Jepang bernama Kane Tanaka menjadi orang tertua di dunia yang masih hidup. Ia lahir secara prematur di Jepang pada 1901. Tanaka memecahkan rekor Guinness World Record dan masih merayakan ulang tahun di usia ke-118.

Dilporkan setelah satu bulan setelah lahir, Tanaka  tak bisa minum susu karena ususnya belum sempurna. Dikutip dari insertlive.com, meski masih hidup di usia yang melampaui usia rata-rata manusia, Tanaka ternyata memiliki Riwayat medis yang tidak baik.  Ia berjuang dalam mempertahankan hidupnya dari berbagai penyakit yang diidap.

Ia dua 2 kali mengidap penyakit kanker. Pertama kali mengidap kanker pankreas di usia 45 tahun. Ia kemudian mengidap kanker kolorektal (usus besar) di usia 103 tahun.

Beruntungnya Tanaka berhasil menjalani operasi 2 kali hingga sembuh total dari kanker.

Tanaka memecahkan rekor Guinness World Record sebagai orang tertua yang hidup di dunia pada 2019. Kala itu Tanaka merayakan ulang tahunnya yang ke-116.

"Selamat ulang tahun ke-118 untuk pemegang rekor orang tertua yang masih hidup Kane Tanaka dari Fukuoka, Jepang. Kane lahir prematur pada 2 Januari 1903, tahun yang sama ketika Wright bersaudara menjadi orang pertama yang mencapai penerbangan bertenaga!" keterangan tertulis di akun Instagram Guiness World Record yang dikutip pada Selasa (2/11/2021).

Dikutip dari japanesestation.com, pada ulang tahunnya yang ke-117 tahun 2020, Kane Tanaka yang sebelumnya dianugerahi penghargaan dari Guinness World of Record sebagai orang tertua di dunia telah memperpanjang rekornya tersebut di sebuah panti jompo di Fukuoka wilayah Jepang Selatan.

Hari sepesial Tanaka dirayakan dengan pesta bersama para staf dan teman-temannya di panti jompo, acara tersebut disiarkan melalui saluran TV lokal Jepang TVQ Kyushu Broadcasting Co.

Meski usiannya telah melebihi satu abad, namun nenek Tanaka masih senang bercengkrama sambil menikati kue bersama orang-orang di hari ulang tahunnya.

“Enak”, kata Tanaka sambil menggigit sepotong kue ulang tahunnya,

“Aku mau lagi” tambahnya sambil tersenyum.