BERITABETA.COM, Ambon - PT PLN (Persero) kembali menggelar ajang Learning, Innovation, Knowledge, and Exhibition (LIKE) 2023 dari 2 hingga 5 Oktober 2023.

Tahun ini pagelaran LIKE mengusung tema “Inovasi untuk meningkatkan Value Creation berbasis Environment, Social, and Governance menuju Net Zero Emission”.

Semarak LIKE 2023 ini berhasil menyatukan insan PLN dari seluruh penjuru Tanah Air dalam perayaan lingkungan yang juga merupakan rangkaian kegiatan Hari Listrik Nasional ke-78 itu.

PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) berhasil keluar sebagai Juara I Pameran Terbaik ajang tahunan ini.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menuturkan, LIKE 2023 dipercaya mampu mendorong kompetensi insan PLN dalam berinovasi, terutama di era transformasi digital ini.

“Acara ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh PLN dan kami sangat mendukung. Karya inovasi masing-masing Unit dapat dilihat di sini, sehingga dapat memperkaya pengetahuan dan mendorong kompetensi pegawai dalam hal pengembangan inovasi yang disesuaikan dengan era digitalisasi,” tutur Awat, Kamis (5/10/2023).

Dalam kesempatan itu, PLN UIW MMU menampilkan booth dengan tema “Integrasi Energi Baru dan Terbarukan di Indonesia”. Berbagai inovasi PLN UIW MMU dan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dipamerkan dalam ajang ini. Mulai dari REWANG (Redefine Your Reporting Way), Marahai Platform, dan AKTOR TAMPAN (Alat Detektor Tegangan, Arus, dan Fasa Pelanggan) ver 2.0. 

Tak hanya itu, talent booth PLN MMU pun menggunakan 3 pakaian adat/tradisional yang berasal dari 3 daerah berbeda, yakni pakaian adat Ternate, Ambon, dan Tanimbar yang digunakan secara bergantian dalam 3 hari penyelenggaraan acara.

Sementara untuk produk UMKM, didukung oleh jajanan Mama Bhabin (Kuping Gajah, Kacang Sembunyi, Sagu Tumbu, dan Abon Tuna), Minyak Kayu Putih Beta, Kain Tenun, dan Dompet Tenun.

Hal ini tentu saja sejalan dengan tujuan PLN dalam transisi energi dan financial sustainability atau pembangunan berkelanjutan.

“UMKM mitra binaan PLN juga dapat kita temukan di sini dan tentunya ini sejalan dengan program CSR PLN dalam hal memberdayakan UMKM yang ada di Indonesia, terkhususnya di Maluku maupun Maluku Utara,” ujarnya.

Berkat kreatifitas dan kompetensi yang mumpuni, PLN UIW MMU juarai kategori Pameran Terbaik LIKE 2023. Kata Awat, pihaknya berkomitmen untuk mengasah pemikiran kreatif dan inovatif yang mampu memberikan nilai tambah pada perusahaan.

“LIKE juga menjadi wadah tahunan bagi intrapreneur PLN guna mengasah pemikiran kreatif dan inovatif yang mampu memberikan nilai tambah pada perusahaan. Kami berharap, ke depannya insan PLN di lingkup Maluku dan Maluku Utara terus bertransformasi dalam membangun kelistrikan lebih hijau berbasis Energi Baru Terbarukan, dan berinovasi tentunya untuk menambah value creation dari berbagai bisnis PLN,” tutupnya(*)

Editor : Redaks