BERITABETA.COM, Masohi -  Penjabat (Pj)  Bupati Maluku Tengah (Malteng) Rakib Sahubawa melantik Rahayu Toisuta sebagai Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri (KPN) Siri Sori Islam, Kecamatan Saparua Timur.

Pelantikan ini berlangsung di lantai 2 Kantor Bupati Malteng,  Kamis (5/10/2023).

Toisutta yang sebelumnya menjabat sebagai Sekertaris Desa Negeri Siri Sori Islam menggantikan M. Idham Sopamena yang telah berakhir masa jabatannya.

Pj Bupati Malteng, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan Setda Malteng, Silviana Matemu, menyampaikan kepercayaan dan amanah yang diberikan oleh pemerintah daerah dan masyarakat ini, harus dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Terutama dalam hal pengelolaan keuangan desa, Sahubawa mengingatkan agar pelaksanaan pengelolaan Dana Desa diperuntukkan untuk kesejahteraan masyarakat dan kesuksesan pembangunan di negeri.

"Gunakanlah ADD dan DD secara baik dan akuntabel dan jangan sampai saudara-saudara terjebak dalam praktik-praktik penyimpangan pengelolaan dana desa," pinta Sahubawa.

Sahubawa mengingatkan agar Penjabat KPN dapat segera memfasilitasi penyelesaian masalah di internal mata rumah parentah sehingga tahapan pemilihan KPN  yang defenitif bisa segera dilaksanakan.

"Saudara harus bebas dari intervensi dan tekanan apapun, dan harus melepaskan diri dari praktik-praktik pragmatisme, saudara harus berdiri diatas kepentingan semua orang bukan kelompok dan golongan tertentu," tutur Sahubawa.

Selain itu, Sahubawa juga mengingatkan bahwa seluruh pekerjaan akan dimonitor dan dievaluasi secara periodik.

Selain melantik Penjabat KPN Siri Sori Islam, Sahubawa juga melantik KPN Wassu, Penjabat KPN Porto Kecamatan Saparua, serta meresmikan Badan Permusyawaratan Negeri Administratif Nua Nea dan Pergantian Antar Waktu Saniri Negeri Titawai (*)

Pewarta : Jubeda Sanaky