BERITABETA.COM, Saparua – Gubernur Provinsi Maluku Irjen Pol [Purn] Murad Ismail, resmi membuka pelaksanaan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-II Tingkat Negeri Siri Sori Islam, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku tahun 2022.

Acara pembukaan berlangsung di halaman Baileo -- depan Mesjid Baiturrachman Negeri Siri Sori Islam Selasa malam, (26/04/2022).

Tampak warga Negeri Siri Sori Islam berbondong-bondong hadir menyaksikan acara pembukaan MTQ oleh Gubernur Maluku, yang juga diisi dengan selingan music oleh pedangdut anyar, Camelia Malik dan Evie Tamala.

Gubernur Provinsi Maluku Murad Ismal atas nama Pemrintah Provinsi Maluku dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Siri Sori Islam atau IPPMASSI Ambon yang telah melaksanakan lomba MTQ Ke-II tingkat Negeri Siri Sori Islam.

“Semoga [MTQ] ini menjadi momentum dalam membumikan isi kandungan Al-Qur’an guna melahirkan generasi-generasi Islami yang berkarakter Qur’an,” ujar Gubernur Maluku Murad Ismail.

Sehubungan dengan pelaksanaan MTQ ke-II ini, Gubernur Maluku juga menyampaikan beberapa pesan penting. Pertama, dia mengutip salah satu hadits Rasulullah SAW; bahwa awal bulan Ramadhan adalah rahmat, pertengahannya magfirah, dan pembebeasan dari api neraka [itiqum minan’nar].

“Alhmadulillah tidak teras kita telah memasuki fase ketiga, sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, jangan sampai kita melewatkan hari-hari penuh ampunan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT dengan sia-sia,” anjurnya.

Kedua, Gubernur berharap kepada para peserta MTQ untuk mempertajam kemampuan dalam membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an.

“Agar apa yang saudara-saudara peroleh saat ini dapat digunakan, dan dimanfaatkan dalam membangun sumber daya manusia yang beriman, bertakwa, religious, damai dan amanah,” tandasnya.

Ketiga, Guebrnur meminta Pengurus LPTQ Provinsi serta Kabupaten dan Kota se-Maluku, untuk memberikan perhatian serius dalam pelaksanaan MTQ pada tingkat Desa atau Negeri guna membentuk kecintaan generasi muda Islam Maluku terhadap Al-Qur’an.

Dia memberi support kepada para peserta yang mengikuti MTQ ke-II tingkat Negeri Siri Sori Islam, agar dapat berlomba dengan penuh semangat dan sportifitas, serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan sesama peserta MTQ.

“Akhirnya dengan memohonon petunjuk Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, Musabbaqah Tilawatil Qur’an Ke-II Tingkat Negeri Siri Sori Islam Kecamataan Saparua Timur Kabupaten Maluku Tengah tahun 2022, saya nyatakan dibuka dengan resmi,” ucap Gubernur Maluku sembari memukul Beduk/Tifa sebagai penanda pembukaan MTQ ke-II Tingkat Ke-II Negeri Siri Sori Islam tahun 2022.

Gubernur Provinsi Maluku, Irjen Polisi (Purn) H. Murad Ismail, didampingi Sekda Maluku Sadli Ie, memukul tifa sebagai tanda dibukanya lomba MTQ Ke-II Tingkat Negeri Siri Sori Islam Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2022.
Gubernur Provinsi Maluku, Irjen Polisi (Purn) H. Murad Ismail, didampingi Sekda Maluku Sadli Ie, memukul tifa sebagai tanda dibukanya lomba MTQ Ke-II Tingkat Negeri Siri Sori Islam Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2022.

Turut hadir dalam acara pembukaan antara lain; Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku, Widya Murad Ismail, Artis Nasional, Camelia Malik dan Evie Tamala, Sekda Provinsi Maluku Sadli Ie serta Pimpinan OPD Pemprov Maluku.

Hadir pula Camat Saparua Timur Halid Pattisahusiwa, Apratur Muspika Saparua, aparat Polsek Saparua, Ketua LPTQ Kecamatan Saparua, Apartur Pemerintah Negeri Siri Sori Islam, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kepala Pemuda Negeri Siri Sori Islam, dan warga Negeri Siri Sori Islam serta tamu undangan lainnnya.    

Diketahui, lomba MTQ ke-II tingkat Negeri Siri Sori Islam tahun 2022 yang digelar oleh IPPMASSI Ambon ini diikuti oleh sebanyak 110 peserta. Mereka akan mengasah kemampuan pada 6 mata lomba.

Enam mata lomba tersebut masing-masing, Musabbaqah Tartil Qur'an, Musabbaqah Tilawatil Qur'an, Musabbaqah Hifzil Qur'an, Musabbaqah Syarhil Qur'an, Musabbaqah Fahmil Qur'an, dan Musabbaqah Khattil Qur'an.   (BB)

 

 

Editor : Redaksi