Rapat persiapan menuju pelantikan Raja Negeri Siri Sori Amalatu, Kecamatan Saparua Timur, yang digelar panitia, Kamis malam (26/11/2020)
Rapat persiapan menuju pelantikan Raja Negeri Siri Sori Amalatu, Kecamatan Saparua Timur, yang digelar panitia, Kamis malam (26/11/2020)

BERITABETA.COM, Saparua Timur – Kerinduan warga Negeri Siri Sori Amalatu, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah untuk memiliki raja devinitif sebentar lagi akan terwujud. Semua persiapan menjelang pelantikan raja yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 8 Desember 2020 sudah rampung dilakukan.

Camat Saparua Timur, Halid Patisahusiwa sekaligus Pjs Negeri Siri Sori Amalatu kepada beritabeta.com usai memberikan arahan kepada warga Negeri Siri Sori Aamalatu, Kamis (26/11/2020) mengatakan, persiapan menjelang pelantikan sudah hampir rampung dilakukan.

Menurutnya, menjelang pelantikkan raja di negeri ini akan dilakukan pembersihan dalam lingkungan negeri. Kebersihan menjadi hal penting menuju proses pelantikan yang akan dilakukan.

“Saya akan mendorong partisipasi masyarakat untuk ramai-ramai membersihkan lingkungan negeri. Mulai besok (hari ini) masyarakat akan saya arahkan untuk pembersihan lingkungan negeri,”ungkap Halid Pattisahusiwa.

Halid menjelaskan pelantikan Raja Siri Sori Amalatu (Serani) akan dilakukan langsung oleh Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal di Baileo Negeri Siri Sori Amalatu dengan tetap dilakukan penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

Dikatakan persiapan untuk pelantikan Raja Negeri Siri Sori Amalatu ini telah siap, mulai dari masalah konsumsi, perlengkapan bahkan tenda-tenda telah disiapkan oleh panitia.

“Hari ini (kemarin malam) adalah pertemuan pertama secara umum dengan warga, dan selanjutnya akan dilakukan pertemuan khusus dengan panitia untuk melihat hal-hal apa yang belum siap dan harus dilengkapi,”jelas Halid.

Ia menambahkan supaya masyarakat tidak lagi ada perbedaan, semua sudah harus  menyatu untuk menyambut pelantikan raja yang akan digelar pada 8 desember 2020 nanti.

“Acara pelantikan akan kami lakukan secara sederhana dan disesuaikan dengan dana yang ada. Karena kami tidak ingin ada beban soal dana dari masyarakat untuk masyarakat merasa terbeban. Intinya sederhana tetapi berhikmat,”tutup Halid.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Pelantikan Raja Siri Sori Serani J. Kakisina mengatakan pelantikan raja nanti akan dilakukan prosesi pelantikan adat terlebih dahulu. Kemudian Raja Negeri akan dijemput di rumahnya oleh rombongan cakalele dan diarak ke rumah adat (Baileo Siri Sori Serani). Raja akan dikukuhkan menjadi kepala adat Negeri Siri Sori Serani oleh Soa Negeri.

“Setelah dikukuhkan sebagai raja akan dipasang ikat pinggang (pattola) sebagai tanda kalau raja telah menerima tanggung jawab sebagai kepala adat Siri Sori Serani,”urainya.

Proses selanjutnya, kata dia, raja akan diarak kembali ke rumahnya untuk mengganti busana  adat dengan pakaian kebesaran pemerintahan dan selanjutnya kembali ke Baileo untuk dilantik sebagai raja oleh Bupati Maluku Tengah.

Ia menambahkan, acara pelantikan Raja Negeri Siri Sori Amalatu ini  ikut dihadiri sejumlah negeri yang menjadi  gandong dari Siri Sori Serani yakni Siri Sori Islam, Tamilouw, Hutumury, Haria dan Waai dan sebagaian masyarakat Ihamahu karena itu menggambarkan kita sebagai persekutuan orang basudara.

“Basudara-basudara yang kita undang memang tidak banyak.  Karena saat ini sedang terjadinya pandemi Covid-19. Maka akan datang utusan-tusan untuk melihat langsung dan bersama-sama dengan basudara gandong di Siri Sori Serani nanti, “tutup Kakisina (BB-YP)