BERITABETA.COM, Saparua – Tanah longsor yang melanda kawasan Salaiku Negeri Siri Sori Islam Kecamatan Saparua Timur Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku Selasa, (12/07/2022), selanjutnya dipastikan hari ini Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah segera bertindak mebersihakan material longsor.

Hal tersebut disampaikan oleh Halid Pattisahusiwa, Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri Siri Sori Islam yang juga Camat Saparua Timur, saat diminta konfirmasinya oleh Beritabeta.com Kamis, (14/07/2022).

Halid mengaku, Pemerintah Negeri Siri Sori Islam dan Pemerintah Kecamatan Saparua Timur telah melakukan koordinasi dan membuat surat resmi ke dinas terkait untuk memberitahukan adanya peristiwa bencana alam tanah longsor di Negeri Siri Sori Islam.

“Karena itu, pak Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal sudah memerintahkan dinas terkait untuk melakukan pembersihan material longsor. Hari ini Dinas PUPR dan BPBD Maluku Tengah akan meninjau lokasi longsor,” imbuhnya.

Ia mengaku, pihak instansi atau dinas terkait di lingkungan Pemda Kabupaten Maluku Tengah hari ini telah mengirim alat berat berupa excavator untuk dibawa ke negeri Siri Sori Islam.

“Hari ini excavator dibawa dari kota kecamatan Saparua ke Negeri Siri sori Islam untuk melakukan pembersihan material longsor. Kemungkinan nanti malam, alat berat itu akan tiba di lokasi. Karena tidak ada tronton sehingga alat berat tersebut dibawa secara manual. Yang pasti, hari ini excavator sudah tiba di Negeri Siri Sori Islam,” tandasnya.

Selain itu, kata Halid, dinas terkait di lingkungan Pemda Kabupaten Malteng juga akan turun ke lapangan untuk meninjau lokasi bencana alam tersebut.

Ia mengaku Pemerintah Negeri Siri Sori Islam serta Pemerintah Kecamatan Saparua Timur pun telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Negeri atau desa tetangga terutama Ulath, Ouw dan Siri Sori Serani.

Koordinasi tersebut dilakukan, karena tanah longsor di Negeri Siri Sori Islam berdampak terhadap akses lalulintas menjadi lumpuh. Utamanya transportasi darat.

Dimana kendaraan roda empat dan dua arah Negeri Siri Sori Islam belum dapat terhubung ke Desa Ulath dan Ouw, begitu sebaliknya. Karena material longsor berupa tanah, batu dan kayu serta tiang listrik hingga kini masih menutup jalur tersebut.

“Terkait longsor di Siri Sori Islam, selaku pimpinan Pemerintah Kecamatan Saparua Timur kami mengimbau agar masyarakat Siri Sori Islam serta Saparaua Timur umumnya agar mengantisipasi intensitas curah hujan yang saat ini cukup tinggi,” imbaunya.  (*)

 

Editor : Samad Vanath Sallatalohy