BERITABETA.COM, Saparua – Warga Negeri Siri Sori Islam Kecamatan Saparua Timur Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku digegerkan dengan peristiwa tanah longsor yang terjadi pada Selasa, (12/07/2022).

Pantauan Beritabeta.com, insiden tanah longsor terjadi di sebelah timur atau tepatnya dii Jalan Puncak Salaiku menuju Elhau, Kampung Lama dari Negeri Siri Sori Islam. Beruntung titik bencana masih jauh dari pusat pemukiman warga.

Warga berbondong-bondong datang ke lokasi kejadian menyaksikan gejolak alam tersebut. Tanah longsor tersebut sepanjang 250 hingga 300 meter. Batu-batu besar ikut jatuh terbawa bersama tanah.

Bencana alam tersebut menyebabkan ratusan tanaman milik warga seperti pohon Cengkeh, Pala, Kelapa dan lain-lain tumbang alias roboh karena terseret tanah. Tampak sejumlah pohon pun terbawa hingga di atas batu.

Gejolak alam itu menutup infrastruktur jalan aspal lapen yang dibangun di era Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaff.

Jalan tersebut sering dilintasi oleh sebagian warga Negeri Siri Sori Islam yang hendak ke hutan. Beruntung saat longsor tidak ada warga yang melintas di lokasi ini.

“Tanah longsor yang panjangnya sekitar 250 sampai 300 meter ini terjadi akibat hujan lebat sejak Sabtu hingga Senin malam kemarin,” ungkap Ary, warga Siri Sori Islam kepada Beritabeta.com di lokasi kejadian.

Selain menumbangkan ratusan pohon, fenomena alam itu telah menutup beberapa sumber mata air yang biasanya dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari.

Lokasi ini masih jauh dari titik induk longsor. Warga menyaksikan tanaman mereka yang tumbang setelah dihantam tanah longsor.
Lokasi ini masih jauh dari titik induk longsor. Warga menyaksikan tanaman mereka yang tumbang setelah dihantam tanah longsor.