BERITABETA.COM, Bula — Hujan deras yang mengguyur Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] sejak Minggu hingga Senin kemarin mengakibatkan abrasi di Sungai Wailola. 

Kondisi ini  berdampak pada dua rumah warga yang berada di bentaran sungai Wailola Kecil, Desa Bula terancam ambruk.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] SBT Zahra Kotarumalos saat dikonfirmasi beritabeta.com di Bula, Selasa (12/7/2022) membenarkan peristiwa tersebut.

Zahra mengungkapkan, akibat curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir atau kilat itu mengakibatkan sungai Wailola Kecil meluap ke permukaan dan mengakibatkan banjir dan tanah longsor di bibir sungai.

"Erosi Air sungai Wailola kecil yang berdampak pada pemukiman penduduk yang berada di sekitar bantaran sungai. Dua rumah warga dalam kondisi tergantung di bantaran sungai," ungkap Zahra Kotarumalos.

Dia mengaku, sejak pagi tadi Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas didampingi Penjabat [Pj] Sekretaris Daerah [Sekda] SBT Jafar Kwairumaratu bersama pihak Dinas PU dan BPBD SBT meninjau lokasi abrasi tersebut.

Mantan Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam [HMI] ini membeberkan, dalam kunjungan itu, Keliobas memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum [PU] dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] SBT untuk melakukan langkah-langkah penanganan darurat.

"Bupati perintahkan dinas terkait untuk segera melakukan langkah-langkah penanganan darurat yaitu pembuatan tanggul sementara yang mulai dilakukan sejak 11.00 WIT hingga pukul 17.00 WIT," bebernya.

Sebagai upaya yang dilakukan, dia berujar, BPBD SBT telah berkoordinasi dengan aparat setempat untuk mengambil langkah-langkah segera dan Tim Reaksi Cepat [TRC] BPBD SBT telah melakukan identifikasi dan kaji cepat di lokasi terdampak.

"Tadi juga Pemerintah Daerah [Pemda] melalui BPBD dan Dinas PU bersama masyarakat setempat melakukan normalisasi [pengerukan material] dengan menggunakan Alat Berat [eksavator] dan membuat tanggul penahan banjir sementara," pungkasnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi