Ratusan Warga Siri Sori Islam Antar Bantuan Untuk Peresmian Gedung Gereja Taman Hoea

BERITABETA.COM, Ambon –  Ikatan persaudaraan antara kedua negeri tetangga Siri Sori Islam (Louhatta Amalatu) dan Negeri Ullath (Beilohy Amapaty), Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) kembali terukir dalam serimoni menyambut peresmian gedung Gereja Taman Hoea Negeri Ullath.

Momentum ini berlangsung dengan bertandangnya ratusan warga Negeri Siri Sori Islam ke negeri tetangga Ullath, Minggu (22/12/2019).

Kepala Kecamatan Saparua Timur, Halid Pattisahusiwa dalam rilisnya yang diterima beritabeta.com, Minggu (22/12/2019) malam mengatakan, kegiatan yang digelar tadi adalah merupakan wujud tali kasih persuadaraan yang terikat antar kedua negeri selama ini.

“Tadi warga Negeri Siri Sori dengan suka cita berjalan kaki dari negerinya mengantar sejumlah bantuan yang merupakan sumbangan suka rela yang disalurkan oleh paguyuban Ikatan Keluarga Siri Sori Islam (IKASSI) Cabang Maluku Tengah (Masohi). Dan ini merupakan bantuan susulan yang kemudian kita arahkan untuk diantar langsung ke negeri Ullath,” kata Pattisahusiwa.

Menurut Halid, sebelumnya bantuan yang sama juga disalurkan oleh warga Negeri Siri Sori Islam yang ada di kampung dan juga IKASSI Ambon. Semua bantuan disampaikan sebagai bentuk dukungan terhadap warga Negeri Ullath yang sebentar nanti akan melakukan hajatan peresmian bangunan gereja yang diberinama Taman Hoea.

“Selaku pimpinan pemerintah di kecamatan, tentunya ini menjadi hal yang penting sebagai bentuk mempererat tali persaudaraan antar kedua negeri. Selain itu, dukungan dari warga Negeri Siri Sori Islam ini juga merupakan bentuk penghargaan atas janji dan ikatan yang pernah diikrar oleh tetua kami,” ungkap Pattisahusiwa yang juga anak negeri Siri Sori Islam ini.

Penjemputan warga Negeri Siri Sori Islam oleh drumband dari Angkatan Muda Negeri Ullath di pintu gerbang Negeri Ullath, Minggu (22/12/2019).

Halid lebih jauh menjelaskan, bantuan warga Negeri Siri Sori Islam berupa ratusan kue dan ratusan karton air mineral dalam kemasan ini, dalam mendukung acara peresmian bangunan ibadah ini juga merupakan bentuk nyata dari implemantasi visi Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah yakni “ Mewujudkan Maluku Tengah sejahtera aman dan berkeadilan dalam semangat hidup orang basudara”

Acara tersebut melibatkan sedikitnya 400 warga Negeri Siri Sori Islam yang dipimpin  Sekretaris Negeri Siri Sori Islam, Irfan Tuhepaly, Ketua Saniri Negeri Siri Sori Islam, Abdulrahman Sopamena, dan mewakili IKASSI Kabupaten Maluku Tengah adalah Sekretaris IKASSI Jusuf Patty. 

Rombongan dijemput di pintu gerbang Negeri Ullath oleh Raja Negeri Ulath, Abraham Nikijuluw bersama  Staf Pemerintah Negeri Ulath,  Ketua Majelis Jemaat GPM  Negeri Ulath, Pdt. J. Souissa, S.Si, Panitia Pelaksanaan Peresmian Gedung Gereja Baru Taman Hoea dan  masyarakat Negeri Ulath.

Semnetara itu, Sekretaris Negeri Siri Sori Islam, Irfan Tuhepaly dalam sambutannya mengatakan, kegiatan penyaluran bantuan kepada Negeri Ullath ini merupakan bentuk penguatan toleransi sekaligus mengingat persudaraan antara kedua negeri.

“Kita  boleh berbeda agama dan keyakinan tetapi kita  adalah satu saudara yang tidak bisa dipisahkan oleh situasi apapun, sehingga dengan sumbangan kasih ini hubungan kasih dan persaudaraan ini akan tetap terjaga dan terbina sampai anak cucu kelak,” tandas Tuhepaly.

Ia juga berharap, semoga bantuan dari warga Negeri Siri Sori Islam dapat membantu terlaksananya kegiatan peresmian dan pentabisan Gedung Gereja Baru Taman Hoea sampai selesai dalam suasana suka cita dan damai sejahtera.

“Kami mohon maaf atas apa yang kami salaurkan saat ini. Bantuan ini merupakan wujud kecintaan kami sebagai anak negeri yang menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan selama ini. Dan kesempatan ini kami hanya bisa menyerahkan bantuan air mineral sebanyak 200 karton. Kami mohon dapat diterima dan  jangan dilihat dari barangnya, tetapi ketulusan kami dalam membantu basudara di negeri Ullath, biarlah ini dapat dikenang sampai anak cucu kita,” urai Jusuf Patty.

Menerima sumbangan ini, Raja Negeri Ulath, Abraham Nikijuluw menyampaikan banyak terima kasih atas kepedulian yang telah dilakukan warga Negeri Siri Sori Islam.

“Atas nama pemerintah negeri dan warga Negeri Ullath, mau bilang apa tetapi  ucapan kami,  terimakasih banyak atas pemberian kasih Tuhan lewat basudara dari Negeri Siri Sori Islam. Persekutuan Persaudaraan ini bukan dari sekarang tetapi sudah ada sejak dulu,” ungkap Raja Negeri Ullath.

Hal senada juga disampaikan Ketua Majelis Jemaat Ulath, Pdt. J. Souissa, S.Si yang memberikan apresiasi yang tinggi atas pemberian bantuan dari Negeri Siri Sori Islam. “Kita sebagai umat yang percaya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, patutlah kita setiap saat mengucapkan syukur dan terimakasih atas  kasih Tuhan dalam kegiatan ini. Kami sebagai pemimpin umat tidak  menjangka kegiatan ini dapat terlaksana, hal ini karena kasih Tuhan ada bagi katong semua sebagai orang basudara,” tandas Souissa.

Souissa juga meminta agar warga kedua negeri dapat menjaga keharmonisan persekutuan ini dan dapat diceritakan bagi anak cucu kelal.   “Bahwa kasih Tuhan itu besar dan tidak dibatasi oleh golongan agama apapun. Semoga momentum ini menjadi sejarah bagi anak cucu kita dan Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menyertai kita semua,” tutupnya (BB-DIO)