BERITABETA.COM, Ambon – Seekor ikan paus raksasa ditemukan mati terdampar di Pulau Saparua, tepatnya di pantai Dusun Waso, Desa Ullath, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Maluku.

Paus malang itu, diperkirakan terdampar sudah dua pekan lalu. Terdamparnya  paus berukuran jumbo ini, membuat beberapa warga yang berada di dusun sekitar  terkejut. Sebab, setelah membusuk perut dari paus berukuran sekitar 9 meter dengan diameter 1,5 meter itu, keluar sejumlah sampah plastik.

Leny Latul, salah seorang warga Desa Ullath yang juga berprofesi sebagai tenaga medis (bidan) kepada beritabeta.com, Selasa malam (23/7/2019) mengatakan,  paus itu diperkirakan terdampar sekitar dua pekan lalu.

“Saya mengambil videonya dari tetangga sekampung om Poly Sapullte. Mereka awalnya mengira ikan itu kayu besar yang terdampar, namun setelah didekati paus itu sudah membusuk,” katanya.

Leny menuturkan, warga di desanya tidak ada yang menceritakan ihkwal terdamparnya ikan raksasa itu, karena letak pantai Dusun Waso itu juga berada dibelakang pulau, sehingga informasi keberadaan paus itu tidak diketahui.

Video Warga Menemukan Paus Raksasa Terdampar di Pantai Dusun Waso, Pulau Saparua

“Saat pecah perutnya kata warga yang melihat dari dekat, di perut paus itu keluar sampah plastik berupa botol air mineral dan sejumlah plastik lainnya. Mungkin saat ini bangkainya sudah membusuk dan tinggal kerangka,” kata Leny.

Keterangan Leny diterima dari seorang  warga bernama Dina Sapulete yang menceritakan bahwa dari perut ikan ini keluar sampah plastik yang sangat banyak, ketika ditemukan pertama kali. Dina bersama suaminya kaget dengan melihat ikan raksasa yang terdampar dengan kepala menghadap ke laut itu.

Dalam video berdurasi 2 menit yang diterima beritabeta.com, Poly menerangkan ukuran bangkai ikan itu seperti sebuah speed boat yang tengah berlabuh.

“Malam ini baru saya temukan video ini dari om Poly, setelah melihatnya saya cukup kaget, karena baru tahu ada ikan sebesar itu terdampar dan diperutnya keluar sampah plastik. Dan pastinya dari cerita warga itu, paus ini mati karena menelan plastic dalam jumlah yang banyak,” ungkap Leny.

Dari video yang diambil warga, paus yang terdampar itu mirip dengan jenis Paus Bryde, meski demikian belum ada yang bisa mamastikan itu.  Tubuhnya yang besar dengan warna kecoklatan seperti kayu sepintas terlihat dalam video, namun bagian kepalanya tidak kelihatan karena tertutup air laut (BB-DIO)