BERITABETA, Ambon – Bangkai ikan paus dengan perkiraan panjang sekitar 10 meter, diameter 1 meter, ditemukan warga terdampar di pantai perbatasan Desa Lapela dan Desa Naiyet,  Kecamatan Siwalalat,  Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku.

Bangkai ikan raksasa itu ditemukan pada hari, Selasa 25 September 2018. Warga sekitar menemukan bangkai dalam kondisi membentang mengikuti bibir pantai,  dengan bagian mulut tertimbun pasir, akibat dihempas ombak.

Salah satu neziten sempat mengabadikan gambar yang menunjukan kondisi ikan paus tersebut. Lewat akun facebooknya, Salmin Bolat memposting kondisi bangkai ikan paus dengan berdiri di bagian belakang bangkai ikan rarksasa itu.

Tampak bangkai ikan dengan kondisi isi perut mulai terhambur keluar (foto : Akas Yusran Kolatlena).

Dari hasil jepretan itu dapat diperkirakan lebar badan atau diameter ikan paus   mencapai 1 meter. Sementara bagian mulut ikan paus, tampak dengan jelas, gerahang bagian bawah  sudah tertimbun pasir dan bebatuan.

Postingan Salim Bolat sempat menuai tanggapan beragam netizen. Ada yang tidak percaya dengan foto bangkai ikan tersebut, karena sepintas warnanya terlihat seprti batu.

Foto lain bangkai ikan paus juga di posting oleh akun dengan Akas Yusran Kolatlena. Foto bangkai yang diposting Kolatlena terlihat agak sedikit berbeda, karena tampak beberapa warga mendekati bangkai ikan paus, dan terlihat bagian perut ikan raksasa itu sudah terhambur keluar.

“Ya itu benar ikan paus, dan ditemukan kemarin oleh warga. Kondisinya sudah mulai membusuk,”tulis salah satu warga melalui pesan singkatnya kepada redaksi beritabeta. com (BB/DP)