Kapolres SBT Andre Sukendar
Kapolres SBT Andre Sukendar

BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak 150 personil Polisi Resort (Polres) Seram Bagian Timur (SBT) akan dilibatkan dalam pengamanan pelaksanaan mudik hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Dari total jumlah 150 personil itu, 100 terdiri dari Anggota Polres SBT  dan 50 personil berasal dari Polisi Sektor (Polsek) sejajaran.

Demikian disampaikan Kapolres SBT Andre Sukendar usai kegiatan pencanangan pembangunan zona integritas Polres SBT menuju WBK dan WBBM di Bula, Jumat (23/4/2021).

"Terkait nanti dari instansi terkaitnya sedang kami susun, nanti akan kita coba libatkan rekan dari TNI dan Satpol PP dalam pelaksanaan pengamanannya nanti" kata Sukendar

Ia menjelaskan teknik pengamanan mudik Idul Fitri kali ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sehingga akan didirikan beberapa pos pengamanan di beberapa titik.

Namun pada masa pandemi ini, lanjut dia agak sedikit berbeda. Pasalnya selain pelaksanaan mudik yang terus gencar disampaikan ke masyarakat untuk tidak melakukan mudik, Polres juga terus menyampaikan kepatuhan, disiplin dan protokol kesehatan.

"Rencananya akan kita tempatkan di dalam kota itu seperti di pos lantas Protokol, Sesar, kemudian di wilayah juga di wilayah pelabuhan seperti di Gorom, Geser dan Kesuy," cetusnya.

Sementara untuk pengaman selama bulan Ramadhan ini, Sukendar menjelaskan pelaksanaan pengamanan rutin seperti penjagaan, pengamanan dan kegiatan patroli terus dijalankan seperti biasa.

Dikatakan dari beberapa insiden peledakan bom dan bencana di beberapa tempat pada beberapa waktu lalu, pihaknya mengaku kegiatan pengamanan di daerah ini dilakukan lebih ekstra.

"Terkait bulan suci Ramadhan ini sendiri kita melaksanakan kegiatan pengamanan ibadah, khusnya pada pelaksanaan sholat tarawe kita laksanakan kegiatan pengamanan di sana. Bahkan menjelang buka puasa di titik keramaian yang menjual takjil tetap kita laksanakan" pungkasnya (**)

Pewarta : Azis Djubaidy

Editor : Redaksi