BERITABETA.COM, Huamual – Umat Islam di dunia termasuk Maluku, berlomba-lomba memanfatkan momentum bulan suci Ramadhan untuk menimba amal kebajikan, serta mengharapkan berkah Allah SWT.

Selain sholat, amalan plus dalam puasa wajib ini juga dimanfatkan oleh mereka yang kelebihan materi/harta, untuk berbagi kasih, sedakah dan infak kepada kaum dhuafa, orang tidak mampu dalam segi ekonomi maupun sosial, termasuk para muallaf.

Niat sedekah dan infak itu dengan harapan memperoleh pahala dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Hal yang sama juga dilakukan Turaya Samal, Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Provinsi Maluku periode 2019–2024.

Dalam agenda silaturahminya bersama warga Negeri Iha-Kulur, Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Jumat (23/04/2021), srikandi PKS ini berbagi kasih dengan para ibu Janda dan Muallaf.

Sejumlah paket sembako diserahkan Turaya Samal di audiotorium kantor Desa Iha. Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Desa/Negeri Iha Hasan Kaisupy, Penjabat Desa Kulur, Sofyan Samal, Ketua BPD Desa/Negeri Iha Muhammad Kaisupy, termasuk para perangkat dan staf di dua negeri/desa tersebut.

Penjabat negeri Iha, M Reza Lattukaisupy melalui Sekretaris Iha Hasan Kaisupy sangat bersyukur dengan agenda silaturahmi yang dilakukan turaya Samal.

Selaku pimpinan Pemerintah Desa Iha, Hasan Kaisupy berterima kasih kepada Fraksi PKS. “Utamanya kepada anak juga adik kita yaitu Turaya Samal, yang sering memprioritaskan program di kampung halaman tercinta ini,” ungkap Hasan.

Hal yang sama juga disampaikan Sekretaris Desa/Negeri Iha, Penjabat Kulur, Sofyan Samal. Ia sangat bangga dengan komitmen dan pengabdian Turaya Samal.

“Turaya atau kita lebih kiita kenal Yaya, adalah putri kita sendiri. Beliau orang Iha, tentunya kita patut bangga. Sebab beliau sangat peduli dengan basudara di kampungnya,” terangnya.

Selaku representasi masyarakat Kulur, Sofyan juga berterima kasih kepada Turaya Samal yang sudah membantu warga, notabene tergolong lemah. “Semoga dengan kegiatan ini lebih mempererat hubungan kekeluargaan antar kita orang basudara,” tutur Sofyan.

Sementara itu, Turaya Samal sebelum menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para ibu (janda-muallaf), mengaku sangat senang dan Bahagia bisa bersilaturahmi dan berbagi kasih.

“Saya tentu bahagia bertemu kembali saudara-saudara yang tak lain adalah beta punya Mama, Onco dan lain-lain. Semoga ukhuwah kita semakin erat, dan selalu terjaga untuk saling membantu antar sesama,” ujar Samal.

Diakuinya, tidak banyak bantuan yang diberikan, tetapi dia akan terus berupaya untuk memberi kebaikan untuk negeri khususnya, serta Kabupaten SBB pada umumnya.

“Saya ini dari tiga kampung berbeda. Iha, Luhu dan Ketapang. Tentunya, beta akan selalu memperhatikan tiga negeri ini secara merata. Semoga kehadiran beta dan keluarga dapat memperkuat hubungan ukhuwah, dalam kehidupan bertetangga kampung,” tukasnya.

Ia berterimakasih kepada para Ibu Janda dan Muallaf yang telah hadir dalam agenda silaturahminya itu.

“Terima kasih juga kepada Pemerintah Desa dan staf, Ketua BPD, bapak-bapak tokoh agama yang sudah hadir. Semoga ini menjadi catatan amal bersama kita dan bisa diridhoi oleh Allah SWT,” ucapnya.

Adapun bantuan yang diserahkan oleh Turaya Samal sebanyak 100 paket sembako. Paket bantuan ini dibagi merata untuk Ibu-ibu Janda dan Muallaf asal Negeri Iha - Kulur. (BB-RED)