BERITABETA.COM, Piru –  Warga Dusun Pohon Batu, Kecamatan Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menyampaikan sejumlah aspirasi kepada Anggota DPRD Maluku , Turaya Samal.

Mereka menyambut baik kunjungan Turaya Samal di dusun mereka, seraya meminta politisi PKS Maluku ini dapat memperjuangkan sejumlah kebutuhan  warga Pohon Batu agar dapat dibantu oleh pemerintah daerah.

Sejumlah aspirasi ini diungkapkan saat  Wakil Ketua Komisi II DPRD Maluku, Turaya Samal  ini  bertatap muka dengan sejumlah tokoh masyarakat dalam kunjungannya pada masa reses yang berlangsung, Rabu (16/9/2020).

Bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat Pohon Batu, Turaya disambut  hangat oleh Kepala Dusun Pohon Batu, Dasmin Samal.

Di hadapan Aleg  PKS Dapil SBB ini, Kepala Dusun Pohon Batu Dasmin Samal meminta agar Turaya dapat mengawal kepentingan masyarakat Pohon Bantu.

“Pohon Batu kesulitan mengakses air bersih. Kebutuhan air bersih menjadi prioritas untuk diberi perhatian,” ungkap Dasmin.

Selain air bersih, Dasmin juga menjelaskan kondisi  sebagian masyarakat Pohon Batu menggantungkan  kehidupan ekonominya dengan menjadi nelayan. Untuk itu, Dasmin meminta agar akses dan penyediaan bantuan perikanan berupa pancing tonda yang dibutuhkan oleh masyarakat Pohon Batu dapat pula diperjuangkan.

“Pemberdayaan masyarakat untuk usaha perikanan kami titip kepada Ibu Turaya untuk diperjuangkan. Sebagain masyarakat kami menggantungkan hidupnya di laut,” harapnya lagi.

Kadus  Pohon Batu juga menaruh harapan, agar kelanjutan pembangunan dan penyelesaian masjid di dusun dapat dirampungkan.

“Kami telah memulai dengan swadaya. Namun itu tak cukup. Mohon bantu diadvokasi agar pemerintah daerah dapat membantu sehingga masjid di pohon batu dapat diselesaikan,”kata  Dasmin.

“Kami memberi apresiasi atas kunjungan reses ini. Tatap muka secara langsung dapat kami lakukan sehingga masyarakat dapat secara langsung menyampaikan aspirasinya kepada anggota DPRD,” sambungnya.

Menanggapi sejumlah aspirasi ini, Turaya Samal mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan yang diberikan. Dirinya mengakui telah mendengar aspirasi masayarakat ini. Dan secara sungguh akan berupaya untuk mengadvokasi aspirasi sesuai dengan tanggung jawabnya.

“Reses ini menjadi upaya untuk mendengar aspirasi masyarakat Pohon Batu. Insa Allah akan diadvokasi sesuai kewenangan yang dimiliki DPRD. Termasuk berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten sehingga intervensinya bisa sesuai”, kata Turaya.

Turaya menandaskan, sesuai rencangan pembangunan oleh Pemerintah Provinsi Maluku pada tahun 2021 mendatang, target dan rencana strategi adalah menurunkan angka kemiskinan serta  meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

“Maka kami gelar reses, mendengar aspirasi sesuai realitas dan kondisi masyarakat. Tindaklanjutnya dengan rumusan kebijakan strategis dalam RPJMD provinsi Maluku tahun 2021. Sinergi akan kami bangun dengan pemerintah provinsi untuk menekan angka kemiskinan,” tutup Turaya (BB-FA)