BERITABETA.COM, Ambon –  Rencana pemulangan ratusan kepala keluarga (KK) Negeri Iha, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) ke tanah leluhur yang diinisiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malteng mendapat dukungan penuh dari sejumlah perwakilan warga Iha.

Dukungan warga Negeri Iha ini disampaikan melalui pertemuan virtual saat digelar Zoom Metting bersama Penjabat Bupati Malteng, Muhammat Marasabessy pada Sabtu malam (6/5/2023).   

Pertemuan silaturahmi ini juga dihadiri Forkopimda Maluku Tengah, Ketua MUI Maluku, Kepala Kementerian Agama Provinsi Maluku, Dandim Pulau Ambon/PP Lease, Organisasi Perangkat Daerah Maluku Tengah, Klasis PP Lease, Para Camat di Pulau Saparua, Para Raja di Pulau Saparua, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda di Pulau Saparua dan seluruh stekholder lainnya.

Dalam pertemuan ini, Pj Bupati Malteng memberikan kesempatan kepada  masyarakat Iha,  baik yang menetap di Negeri Sepa, Liang, Pulau Buru, Kota Ambon dan sejumlah daerah lainnya untuk mengemukakan pendapatnya.

“Saya minta bapak/ibu yang hadir saat ini agar bisa mengungkapkan pendapatnya atas rencana pemerintah ini,” pinta Marasabessy membuka pertemuan.

Menanggapi permintaan itu, Hasan Haulussy salah satu perwakilan masyarakat Iha di Negeri Liang (Lengkong) menyatakan warga Iha yang kini menetap di Negeri Liang,  sangat mendukung program Pemerintah Daerah dibawah kepemimpinan Pj Bupati Malteng.

Sementara Acim Mahubessy, salah satu tokoh masyarakat Iha juga menyampaikan sedikit penyesalannya atas kebijakan Raja Negeri Iha dan seluruh perangkatnya terkait aksi penolakan terhadap program Pj. Bupati Malteng untuk memulangkan warga Iha ke tanah leluhur di Pulau Saparua ini.  

Ia meminta, Raja Negeri Iha untuk menyambut baik program ini. "Pak Raja jangan terlalu terpengaruh dengan oknum-oknum perangkat negeri yang sangat tendensius dan hanya mementingkan kepentingan pribadi dan golongan tertentu,” tandasnya.

Dukungan serupa juga disampaikan Tokoh Pemuda Iha yang berdomisili di Pulau buru, Syahrul Haulussy. Ia menyampaikan dukungan penuh kepada Pj. Bupati Maluku Tengah yang sudah memprogramkan agenda pemulangan masyarakat Iha.