Proses pengamanan vaksin Covid-19 yang tiba di Kota Bula, Kabupaten SBT
Proses pengamanan vaksin Covid-19 yang tiba di Kota Bula, Kabupaten SBT

BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak 2.480 vial Vaksin Corona telah tiba di Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pada pukul 4.35 WIT.  Vaksin Covid-19 itu sementara diamankan di gudang Farmasi dinas Kesehatan SBT.

Plt Kepala Dinas Kesehatan SBT Ridwan Muhammad Yusuf Malaka yang ditemui di ruang kerjanya Selasa (26/01/2021) mengaku vaksin ini diperuntukkan bagi tenaga kesehatan yang tersebar di dua Rumah Sakit Umum dan 22 Puskesmas di 15 kecamatan.

Untuk tahap kedua, lanjut Malaka akan diberikan kepada pejabat publik, namun sambil menunggu sampai pada saat tenaga kesehatan melakukan pelatihan vaksinator untuk menata keterampilan mereka dalam melakukan Vaksinasi.

“Sehingga nanti setelah melakukan vaksinasi, direncanakan tanggal 26 ini dilakukan virtual dengan provinsi untuk melakukan vaksinator” ungkap Malaka

Dirinya menjelaskan setelah itu akan dilakukan simulasi, dimana memainkan peran untuk bagaimana cara melakukan tahapan imunisasi dan KIPI (Kejadian Pasca Imunisasi).

“Jika saat imunisasi mungkin ada kejadian elergi, pucat-pucat, gagal-gatal dan gejala lainnya itu akan ditangani oleh tim dokter yang sudah di SK kan oleh Bupati” cetusnya.

Mantan Sekretaris Dinas Kesehatan SBT ini mengaku sesuai edaran Dinas Kesehatan akan dilaksanakan pada 27 Januari, namun pencanangan vaksinasi untuk Kabupaten SBT akan baru dilaksanakan pada Februari mendatang.

“Namun setiap daerah itu bervariasi tergantung dari kesiapan daerah, pejabat daerah sudah atau belum karena nanti pejabat daerah yang membuka acara itu” akuinya

Rencananya lokasi pencanangan akan dilakukan di RSUD Bula. Terkait kapan akan dimulai di kabupaten Seram Bagian Timur, Malaka mengaku masih menunggu kedatangan bupati untuk berkordinasi (BB-AZ)