BERITABETA.COM, Ambon – Jamaah Calon Haji atau JCH Kloter 9 UPG asal Provinsi Maluku mengikuti manasik hari kedua di Mekkah Minggu, (03/07/2022). Agenda tersebut sebagai persiapan atau pembekalan sekaligus pemahaman menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji. Yaitu wukuf di Arafah, Muzdalifah dan Mina atau Armuzna pada 9 Dzulhijah hingga 13 Dzulhijah 1443 Hijriah.

Ratusan JCH Kloter 9 asal Maluku tersebut sebelum melaksanakan wukuf di Arafah, Mabit di Muzdalifah dan Mina, mereka dibekali dengan manasik oleh Pembimbing Ibadah, H. M. Hanafi Rumatiga.

Kegiatan manasik ini berlangsung di Mushalla Hotel Nomor 202 Snood Aljauharah Mekkah. Kegiatan Manasik haji untuk persiapan Armuzna ini hanya dua hari, karena jamaah Kloter 09 UPG terbagi dalam dua hotel.

“Manasik hari ini diikuti oleh rombongan 6 sampai 9 yang berasal dari Kabupaten Buru, Seram Bagian Timur, Seram Bagian Barat, Buru Selatan, Kabupaten Kepulauan tanimbar dan Maluku bArat Daya,” demikian Hanafi Rumatiga melaporkan langsung dari Mekkah kepada Beritabeta.com melalui saluran WhatsApp Minggu, (03/07/2022).

Hanafi yang juga Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Aru menerangkan, manasik kali ini dilakukan sebagai upaya penguatan pemahaman jamaah terhadap rangkaian pokok haji yaitu wukuf di Arafah.

“Puncak dari ibadah haji adalah wukuf di Arafah, yang diawali dengan ihram dari hotel,” jelasanya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Aru ini berujar, sebelumnya pelaksanaan manasik untuk persiapan Armuzna juga dilaksanakan terhadap rombongan 1 sampai 5 di Musahala Hotel 203 Shofa Almurjan, yang diikuti oleh jamaah asal Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah.

Ia menuturkan, untuk hari kegiatan tidak hanya diikuti oleh jama'ah Kloter 09 UPG saja, tetapi beberapa jamaah dari kloter lain juga sangat antusias mengikuti manasik yang dilaksanakan hari ini.

Dalam kegiatan tersebut juga Ketua Kloter 09 UPG Sirajuddin Mahubessy memberikan pembekalan manajemen terkait dengan persiapan pemberangkatan sampai pemulangan dari Armuzna.  

Pembimbing Ibadah, H. M. Hanafi Rumatiga
Pembimbing Ibadah, H. M. Hanafi Rumatiga

Hanafi juga mengabarkan hingga hari ke-9 seluruh jamaah asal Maluku masih dalam kondisi sehat walafiat. “Alhamdulillah jama'ah masih dinyatakan sehat walafiat. Meskipun ada yang sedikit flu dan batuk akibat udara panas yang mencapai 48⁰C,” ungkapnya.  (*)

 

Editor : Samad Vanath Sallatalohy