BERITABETA.COM, Bula — Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku untuk musim haji 2024 mulai mengikuti kegiatan manasik.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Kemenag SBT M. Jen Tepinalan kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (27/3/2024).

Tepinalan menandaskan, Kemenag SBT sejauh ini sudah melakukan manasik, baik manasik mandiri maupun manasik kabupaten dan Kantor Urusan Agama (KUA).

"Kita sudah melakukan manasik, baik manasik mandiri maupun manasik kabupaten. Dan nanti KUA yang sekarang ini sementara berjalan," ungkap M. Jen Tepinalan.

Ia membeberkan, dalam manasik yang dipusatkan di Aula Kantor Kemenag SBT itu, ada materi-materi yang disampaikan pihak Kemenag dan pihak Kesehatan sebagai pembekalan bagi JCH.

"Tadi ada juga materi-materi yang disampaikan, baik dari pihak Kementerian Agama maupun dari pihak kesehatan," bebernya.

Dia berujar, untuk musim haji 2024 ini ada sebanyak 93 JCH yang akan diberangkatkan, namun ada 3 JCH yang melakukan mutasi dengan alasan mendampingi atau penggabungan dengan orang tua mereka yang melaksanakan haji dari daerah luar Provinsi Maluku.

"Untuk tahun ini 93 orang yang nanti akan berangkat, sementara 3 orang mendampingi orang tuanya di Pulau Jawa atau di luar Maluku," ujarnya.

Jen memastikan, semua kesiapan terkait keberangkatan JCH SBT sudah tidak ada masalah, sebab semua persyaratan telah dilengkapi.

"Paspord sudah, fisa juga sudah. Jadi terkait kesiapan sudah tidak ada masalah," pungkasnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi