BERITABETA.COM, Ambon – Sesuai dengan jadwal penerbangan yang ditetapkan, seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) asal Maluku akan diterbangkan melalui Bandara Internasional Hasanudian, Makassar, Sulawesy Selatan,  dalam dua hari.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Makassar memastikan  seluruh JCH asal  Maluku tergabung dalam tiga kelompok terbang (kloter) masing-masing,  Kloter 12, 13 dan Kloter 14.

“Kloter 12 yang meliputi CHJ asal Kabupaten Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Buru dan Buru Selatan (Bursel) dengan total 450 orang akan  bertolak pada tanggal, Senin 15 Juli besok,  sekitar pukul 11. 20 WITA,” kata Plt. Kepala Bidang Haji dan Umarah Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag, di Asrama Haji Sudiang Kota Makasar, Minggu (14/7/2019).

Menurut Jamaludin, setelah Kloter 12 diterbangkan,  selanjutnya akan menyusul  Kloter 13 dan 14 yang baru akan diterbangkan ke Arab Saudi pada, Selasa 16 Juli dengan jadwal waktu penerbangan yang berbeda.

“Kloter 13  akan bertolak meninggalkan tanah air tepat pukul 03.20 WITA dini hari. Sementara Kloter 14 dijadwalkan pada pukul 19.50 WITA,”jelasnya.

Seluruh JCH Maluku dari tiga Kloter itu akan diterbangkan menuju Madina menggunakan Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia dengan lama penerbangan kurang lebih  11 jam.

Ia menambahkan, sebelum pemberangkatan,  seluruh JCH Maluku yang diterima di Embkasi Haji Makassar akan mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan, perekaman biometrix dan pemantapan Manasik Haji oleh PPIH Embarkasi Makassar.

“Kita doakan agar seluruh JCH Maluku diberikan kekuatan, kesabaran selama melaksanakan Ibadah Haji dan kembali ke Tanah Air dengan selamat dan meraih gelar Haji Mabrur,” tandasnya. (BB-ASA)